by

Pesan Tiket Kereta Api Online Dengan Cara Yang Mudah Dan Praktis

Kereta api adalah salah satu jenis alat transportasi yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Sebagian besar mereka lebih memilih naik kereta api untuk membawanya mencapai tujuan yang mereka inginkan, terutama ke kota-kota besar maupun kecil yang ada di Pulau Jawa.

Keunggulan Naik Kereta Api

Orang-orang lebih suka naik kereta api karena di samping harganya yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan pesawat terbang juga karena bisa melihat pemandangan yang indah di sepanjang perjalanan.

Kalau dibandingkan dengan jaman dulu naik kereta api saat ini juga jauh lebih menyenangkan karena di hampir semua rute dan tiga kelas yang ada (kelas ekonomi, kelas bisnis dan kelas eksekutif) sudah terpasang pendingin udara atau AC (Air Conditioner).

Selain itu juga sudah tersedia colokan sehingga memudahkan para penumpang yang ingin mengisi ulang baterai gadget yang dibawanya. Para petugasnya seperti pemeriksa tiket, pramugara atau pramugari melayani penumpang dengan sangat baik, ramah. Apa yang diinginkan oleh para penumpangnya sebisa mungkin dipenuhi.

Keunggulan dan kelebihan yang dimiliki oleh kereta api itulah yang membuat banyak masyarakat Indonesia merasakan kenyamanan.

Pesan Tiket Secara Online

Supaya bisa naik kereta api untuk menuju tempat yang kita inginkan tentu saja harus membeli tiketnya terlebih dahulu. Membeli tiket kereta api bisa dilakukan langsung di loket yang sudah disediakan di stasiun.

Namun biasanya kalau membeli tiket langsung di stasiun akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar karena yang sudah bisa dipastikan akan antre, terlebih lagi pada saat musim liburan, bisa itu liburan sekolah, liburan lebaran, liburan natal dan liburan tahun baru, antreannya akan jauh lebih panjang dan waktu yang dibutuhkan untuk antre bisa berjam-jam lamanya.

Biasanya dulu kalau dihadapkan pada situasi seperti di atas kita akan kebingungan sekali, khawatir tidak akan kebagian tiket padahal bepergian naik kereta api ini sudah dikonsep dengan sangat matang bersama keluarga tercinta. Tapi untuk saat ini masalah-masalah tadi tidak akan kita hadapi lagi karena sudah ditemukan jalan keluar yang paling tepat, yakni dengan melakukan pesan tiket kereta api online.

Tentang Tiket Kereta Api Online

Pesan tiket kereta api online merupakan solusi yang paling cepat dan paling mudah juga lebih praktis, lebih efektif dan lebih efisien. Hal ini disebabkan karena dengan pesan tiket kereta api online selain secara pasti bisa mendapatkan tiket, kita juga bisa memesan tempat duduk sesuai dengan yang kita inginkan.

Pesan tiket kereta api online memiliki kelebihan, yakni bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja selama 24 jam (non stop). Kita bisa pesan tiket kereta api online ini di rumah di saat kita sudah memiliki waktu senggang, di kantor saat jam istirahat, di jalan atau pada waktu kita sedang berjalan-jalan di tempat perbelanjaan, tidak ada batasan waktunya, setiap saat, jam berapa pun bisa.

Beragam Cara Memesan Tiket Kereta Api Secara Online

Pesan tiket kereta api online bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Cara yang pertama tentu saja dengan melalui situs atau website resmi yang dimiliki oleh PT. KAI (Kereta Api Indonesia). Tanggal keberangkatan sekaligus tanggal pulang, berapa jumlah penumpangnya, ingin berangkat dari stasiun mana, tempat yang akan dituju, ingin duduk di kursi sebelah mana, bisa kita tentukan sendiri.

Salah satu kelebihan dari pesan tiket kereta api online adalah bisa melakukannya jauh-jauh hari, kurang lebih tiga bulan sebelum hari H sudah bisa dipesan tiketnya. Paling lambat ialah dua hari sebelum berangkat.

Perangkat Untuk Memesan Tiket Kereta Api Secara Online

Pesan tiket kereta api online memang merupakan jalan keluar yang praktis demi mendapatkan tiket sesuai dengan yang kita inginkan. Cara untuk melakukan pesan tiket kereta api online ini mudah sekali, hanya butuh salah satu perangkat gadget yang kita miliki.

Pilihlah salah satu gadget milik anda, bisa itu Personal Computer, laptop, tablet atau telepon seluler. Dan satu lagi yang memegang peranan penting juga adalah koneksi internet yang harus lancar, jangan sampai macet atau terputus di tengah jalan.

Beberapa Pihak Yang Bisa Dijadikan Tempat Pemesanan Tiket

Selain di situs resmi yang dimiliki oleh PT. KAI, pesan tiket kereta api online bisa dilakukan di beberapa pihak yang selama ini sudah bekerja sama dengan PT. KAI, sebagai official partnernya. Prosesnya sama seperti kalau kita memesan lewat website resmi PT. KAI.

Kalau kita pesan tiket kereta api online melalui pihak-pihak tersebut terkadang bahkan sering kita akan mendapatkan keuntungan. Keuntungan yang dimaksud berupa diskonan yang cukup besar yang memang menjadi bagian promosi dari mereka.

Harga Tiket Yang kita dapatkan di sini perbedaannya bisa cukup besar, lebih murah. Inilah yang disukai oleh banyak orang, yang membuat mereka lebih memilih memesannya lewat pihak-pihak ini.

Beberapa Minimarket Yang Dijadikan Official Partner PT. KAI

Jika belum mengerti dengan benar, belum memiliki kepercayaan diri untuk memesan sendiri tiket kereta api secara online karena takut salah, ada alternatif lainnya yang bisa dilakukan, yakni dengan mengunjungi salah satu mini market yang ada di kota anda yang juga sudah ditunjuk oleh PT. KAI sebagai official partnernya.

Ada beberapa mini market yang bisa dikunjungi oleh para pemesan tiket kereta api secara online di antaranya indomaret, alfamart, alfamidi, alfa express dan Lawson. Kalau memesannya lewat salah satu mini market ini, biasanya akan dikenai biaya administrasi, kurang lebihnya sebesar 7.500 rupiah.

Tahapan Memesan Tiket Kereta Api Online

Begini tahapan jika memesan tiket kereta api online lewat situs KAI :

  • Buka websitenya, pilihlah kolom tanggal keberangkatan, stasiun asal, stasiun tujuan dan jumlah penumpang (dewasa atau anak).
  • Memilih kereta dan jadwal yang sudah tersedia. Ada jenis-jenis kelasnya, jam berangkat, jam datang, harga tiketnya dan jumlah tiket yang masih ada.
  • Muncul detail yang sudah kita pesan. Dicek ulang.
  • Keluar data pemesanan sesuai yang sudah kita pilih tadi.
  • Mengisi data-data penumpang sesuai dengan identitas yang kita miliki, kalau bisa berdasarkan pada KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  • Memilih tempat duduk atau kursi sesuai dengan yang diinginkan.
  • Memilih metode atau jenis pembayaran. Bisa melalui kartu kredit atau lewat ATM atau via mini market.
  • Tahap terakhir kita akan bisa melihat di layar gadget kita kalimat “selamat pemesanan berhasil”. Artinya pemesanan tiket kereta api secara online sudah berhasil kita lakukan.

Bookingin tiket yang sudah dibayar melalui mesin CTM (Cetak Tiket Mandiri) atau bisa juga lewat mesin CIM (Check In Mandiri) yang ada di stasiun ditukarkan dengan tiket fisiknya atau boarding passnya, dimulai 12 jam sampai dengan satu jam sebelum berangkat.

Comment

News Feed