by

Spesifikasi Toyota Avanza 2019

MPV buatan pabrikan PT Toyota Astra Motor ini sekaligus memperkenalkan varian Avanza Veloz 2019 yang kini hadir dengan perubahan dan penyegaran yang dinilai cukup signifikan dari yang sebelumnya. Tentu saja, mobil sejuta umat yang resmi diluncurkan pada tanggal 15 November 2019 lalu di Fairmont Hotel, di Jakarta ini mengobati rasa penasaran publik yang telah lama menghantui mereka tentang mobil ini. Tentu saja, dengan hadirnya Toyota Avanza 2019 ini akan semakin memperketat persaingan pasar MPV di Indonesia. Bahkan, bukan hal yang mengherankan jika mobil MPV buatan PT TAM ini akan mampu kembali merebut tahta mobil keluarga yang saat ini masih dikuasai Xpander.

Eksterior Yang Lebih Modern dan Futuristik dengan Konsep Yang Khas dari Avanza Series

Sebagai pembuka pembahasan mengenai spesifikasi Toyota Avanza model 2019 ini, Mas Sena akan mengawalinya dengan menyentuh bagian fisik atau tampilan luar pada MPV ini. Bukan tanpa alasan mengingat sektor eksterior pada Low MPV buatan Toyota ini memang dihadirkan dengan mengusung konsep yang lebih modern dan elegan. Terutama di bagian depannya yang menyentuh sektor bumper dan lampu utamanya. Dimana, kali ini lampu utama yang terdapat pada Toyota Avanza 2019 ini hadir dengan konsep yang lebih futuristik meminjam desain milik dari Vellfire dan Voxy. Kesan futuristik tersebut terlihat pada bentuk headlamp atau lampu utamanya yang dibuat lebih menyipit dan memanjang. Apalagi, pada headlamp tersebut kini sudah mengusung teknologi jenis LED yang mana ditunjang juga dengan konsep garnish sehingga memberikan kesan yang lebih ramping dan sangat modern. Selain itu, fender pun kini juga dibuat lebih lebar yang membuatnya tampak sebagai mobil MPV yang berkelas. Belum lagi bumper depan terlihat lebih lebar dan dipadu dengan desain rumah lampu kabut yang tajam menonjolkan desain kuat dan modern. Tak sampai di situ saja, bisa dilihat juga New Radiator Grille Design with Chrome Garnish yang membuat wajah dari Avanza 2019 ini kian lebih mewah. Sementara itu, untuk bagian bodi samping pada Toyota Avanza facelift 2019 ini, sepertinya tak banyak mengalami perubahan yang cukup signifikan. Hanya tampak sebuah garis horizontal yang membentang dari bagian depan hingga belakang dengan beberapa lekukan lembut. Selain itu, terlihat aksen yang baru dari mobil ini yaitu New Side Body Molding pada Avanza bekas generasi 2019 ini. Aksen molding yang terdapat pada bodi samping dari mobil MPV sejuta umat ini telah berhasil memberikan aura yang sporty dan lebih kuat bersaing. Lalu, berpindah ke bagian buritan atau bodi belakang, kita akan disuguhi tampilan baru yang cukup menarik dimana dibekali dengan lampu belakang berbentuk baru dengan tambahan Lens Garnish. Terakhir, spesifikasi Toyota Avanza pada bagian belakangnya kini dilengkapi dengan rear spoiler dan juga stop lamp dengan konsep pintu belakang Garnish design berlapis Chrome yang membuatnya terkesan jauh lebih modern.

Dapur Pacu Makin Bertenaga dan Irit Berkat Teknologi Mesin Dual VVT-i

Beralih pada sektor selanjutnya, saatnya kita akan bahasa jeroan dapur pacu yang diusung spesifikasi Toyota Avanza ini. Sebagaimana dengan informasi yang didapat saat peluncurannya, model Avanza 2019 ini tampaknya tak memberikan pembaruan pada sektor permesinannya. Sehingga, untuk model terbaru ini, MPV besutan PT TAM tersebut masih mengandalkan mesin DOHC Dual VVT-I yang mana memiliki 4 silinder dengan kapasitas 1.3 liter. Mesin tersebut nantinya akan dikawinkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan atau manual 5 percepatan. Dengan perpaduan tersebut Toyota Avanza facelift 2019 ini diklaim mampu untuk memberikan output tenaga hingga mencapai 96.5 Ps pada 6000 rpm dan 12.3 Kg.m pada 4200 rpm. Tak sampai di situ saja, untuk mendukung efisiensi konsumsi bahan bakar, sektor permesinan pada MPV ini juga telah dibekali dengan Electronic Fuel Injection. Dengan kecanggihan pada sektor permesinan yang terdapat pada spesifikasi Toyota Avanza 2019 ini maka tak ayal jika mobil sejuta umat ini terbilang mobil ini masih ramah terhadap lingkungan.

Fitur Keamanan dan Hiburan Tersedia Lengkap

Sementara itu, berbicara soal fitur yang diusung oleh Toyota Avanza 2019 ini, memang sebenarnya fitur yang ditawarkan tak jauh berbeda dengan model pada generasi sebelumnya. Bukan tanpa alasan, satu yang pasti bahwa pihak Toyota dipastikan bakal melengkapi Low MPV buatannya itu dengan fitur keselamatan berupa Dual SRS Airbags yang siap menjaga penumpang depan dan pengemudi saat terjadi benturan keras dari depan. Tak hanya itu saja, ABS sistem pun juga menjadi teknologi pengeraman yang turut disematkan pada model Toyota Avanza 2019 ini untuk memaksimalkan tingkat pengereman secara lebih maksimal. Selain itu, Sie Impact Beam pun juga dibenamkan pada pintu sisi samping dari mobil untuk mencegah terjadinya luka atau terjepit saat terjadi benturan dari sisi samping. Tak lupa juga head unit yang dilengkapi dengan layar sentuh dengan paket fitur entertainment dan konektivitas pun juga turut disertakan pada Toyota Avanza model 2019 ini.

Spesifikasi Toyota Avanza

Mesin
Tipe Mesin IL, 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder 1,329 cc (1.3 E, G), 1,496 (G)
Diameter x Langkah
Daya Maksimum1 104 PS / 6.000 rpm
Torsi Maksimum 13,39 / 4.200 rpm
Sistem Pemasukan Bahan Bakar Electronic Fuel Injection
Bahan Bakar Bensin
Kapasitas Tangki 45 L
Steering
Dimensi
P x L x T 4.190 x 1.660 x 1.695 mm
Jarak Poros Roda 2.655 mm
Jarak Pijak Depan 1.425 mm
Jarak Pijak Belakang 1.435 mm
Jarak Terendah 200 mm
Sasis
Transmisi 5 Speed Manual
Suspensi Depan MacPherson Strut with Coil Spring
Suspensi Belakang 4 Link Lateral Rod with Coil Spring
Rem Depan Disc
Rem Belakang Drum
Steering Gear Rack and Pinion, Electric Power Steering & Tilt Steering
Ukuran Ban 185 / 65 R15

Harga Avanza

Tipe

·       Toyota Avanza Type E 1.3 M/T dibanderol dengan harga Rp 191.100.000,-

·       Toyota Avanza Type E 1.3 A/T dibanderol dengan harga Rp 202.300.000,-

·       Toyota Avanza Type G 1.3 M/T dibanderol dengan harga Rp 208.950.000,-

·       Toyota Avanza Type G 1.3 A/T dibanderol dengan harga Rp 219.650.000,-

·       Toyota Avanza Type G 1.5 M/T dibanderol dengan harga Rp 221.250.000,-

 

Comment

News Feed