by

Tips Aman untuk Memilih Obat Demam Anak

Memilih obat demam anak memang tidak bisa Anda lakukan secara sembarangan. Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan sehingga Anda bisa mendapatkan obat-obatan yang aman untuk anak. Kita tahu bahwa saat ini memang sudah banyak sekali obat-obatan demam untuk anak yang dijual di apotek maupun toko obat yang lain. Dengan begitu Anda juga harus waspada karena bisa jadi obat-obatan tersebut tidak cocok untuk anak Anda.

Kondisi tubuh anak yang masih kecil saat demam memang akan sangat jauh berbeda dengan kondisi orang dewasa saat demam. Hal ini dikarenakan tubuh anak-anak memang lebih lemah, terlebih saat mereka dalam kondisi kurang sehat. Jika sampai Anda salah pilih obat untuk anak-anak besar kemungkinan hal-hal fatal bisa terjadi pada anak Anda. Bukannya sembuh dari penyakit yang ada malah penyakit anak Anda semakin parah.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat Anda ingin memilih dan membeli obat demam untuk anak-anak:

  1. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih obat yang sesuai dengan dosis untuk anak-anak. Dalam kasus ini Anda bisa bertanya kepada pihak apoteker untuk memberikan obat yang sesuai dengan dosis anak-anak.
  2. Anda memang bisa membeli obat di apotek tanpa menggunakan resep dokter, namun yang perlu Anda ingat bila obat yang Anda beli dalam bentuk sirup jangan lupa untuk menutup tutup botol obat tersebut rapat-rapat.
  3. Hal selanjutnya yang bisa Anda perhatikan adalah dengan memperhatikan komposisi obat yang terdapat dalam obat. Setiap obat memang memiliki kandungan yang sangat berbeda-beda. Pilihlah obat yang memang mengandung parasetamol sehingga demam pada anak bisa berangsur-angsur turun setelah anak minum obat.
  4. Ingatlah untuk memberikan obat pada anak sesuai dengan petunjuk yang ada pada kemasan obat.
  5. Sebisa mungkin ikuti petunjuk penggunaan obat dengan baik dan teliti. Anda harus ingat bahwa pemberian obat secara berlebihan tidak baik serta dapat menimbulkan efek samping yang mungkin bisa membahayakan nyawa.

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas Anda akan dengan mudah untuk mendapatkan obat-obatan demam untuk anak-anak yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Apabila anak Anda sedang mengalami demam yang tinggi, tidak usah panik. Ada beberapa hal yang mungkin bisa Anda lakukan untuk menurunkan demam anak Anda sebelum memberinya obat yaitu dengan mengkompres anak Anda.

Akan tetapi bila demam yang dialami oleh anak Anda sudah sampai beberapa hari dan Anda sudah memberinya berbagai obat yang bisa digunakan untuk menurunkan demam. Lebih baik bila Anda langsung membawa anak Anda untuk periksa ke dokter anak-anak dan mendapatkan tindakan medis yang tepat dan sesuai sebelum keadaan semakin parah. Mungkin bagi orang tua yang baru memiliki anak bila melihat anak sakit akan langsung merasa cemas dan bingung. Anda tidak perlu bingung kalau memang Anda tidak yakin dengan obat-obatan yang dijual di apotek Anda bisa langsung berkunjung ke rumah sakit atau dokter anak-anak.

Obat demam anak saat ini memang lebih mudah untuk Anda temui. Namun sebenarnya selain obat-obatan yang dijual di toko obat-obatan atau apotek, Anda juga masih bisa menggunakan cara alami yang dipercaya mampu untuk menurunkan demam pada anak Anda. Salah satunya yaitu dengan menggunakan daun basil. Anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun basil dan dicampur dengan jahe bisa juga Anda tambahkan dengan sedikit madu.

Comment

News Feed