by

Khusus untuk Cewek, Cermati 6 Tips Penting Ini Sebelum Membeli Sepeda!

Sumber: pinterest.com

Kegiatan bersepeda memang sedang populer belakangan ini. Bersepeda merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan yang bisa dilakukan oleh semua kalangan. Menggunakan sepeda sebagai kendaraan sehari-hari juga bisa kamu lakukan sekaligus berolahraga. Apalagi bersepeda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari memperkuat jantung, membakar lemak, menghilangkan stress serta mengecilkan perut.

Jika kamu menggowes sepeda dengan rutin dan serius  maka kamu tidak perlu lagi pergi ke tempat kebugaran untuk berolahraga. Jadi hemat budget kan? Untuk melakukan kegiatan ini dengan rutin tentu kamu harus memiliki sebuah sepeda agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Kini, banyak sekali tipe-tipe sepeda dan jenis sepeda yang bisa kamu pakai untuk berolahraga. Seperti road bike yang bisa digunakan di jalanan datar dan MTB yang sangat cocok di pakai di jalanan berbatu.

Meskipun semua tipe sepeda bisa di pakai untuk para wanita. Tapi kamu juga harus mengenal tipe sepeda apa yang  cocok untuk kamu pakai. Di bawah ini adalah 6 tips penting yang bisa kamu cermati dalam memilih sepeda yang cocok untuk kamu para wanita . Yuk simak!

  • Perhatikan ukuran yang pas

Sumber: pinterest.com

Tentukan ukuran sepeda yang cocok dengan ukuran tinggi badan kamu. Pada umumnya, setiap sepeda memiliki ukuran rangka yang berbeda-beda. Biasanya ukuran tersebut diberikan label seperti S, M, L, dan XS.

Jika ukuran tinggi kamu cenderung pendek disarankan untuk memilih sepeda yang memiliki rangka berukuran XS.  Dengan begitu, maka kamu tidak akan cepat kelelahan dan nyeri pada bagian tubuh. Kenapa seperti itu? Karena, rangka sepeda yang berukuran besar dapat menyebabkan hal tersebut terjadi. Untuk itu, kamu juga perlu memperhatikan ukuran rangka yang cocok untuk kamu.

  • Pilih yang sesuai dengan  kebutuhan

Sumber: pinterest.com

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah menentukan kebutuhan sendiri. Jika kamu menggunakan sepeda untuk di pakai di perkotaan saja kamu bisa memilih tipe sepeda listrik dan road bike. Kamu juga  bisa melihat sisi kenyamanannya saat dipakai. Tentunya yang cukup aman untuk dipakai sehari-hari dengan jarak tempuh dekat maupun jauh.

Namun, jika kamu membutuhkan nya untuk berolahraga kamu bisa memilih sepeda gunung untuk kamu pakai keliling diperkotaan. Sepeda gunung memiliki kualitas kecepatan yang sangat bagus sehingga kamu bisa menggunakan nya sebagai sarana transportasi untuk bekerja atau sekolah.

  • Pilih sepeda yang khusus untuk wanita

Sumber: pinterest.com

Pilihlah sepeda yang dirancang khusus untuk tubuh wanita. Dengan begitu kamu akan terasa lebih nyaman ketika menggunakan nya. Kamu bisa memilih sepeda dengan merk Giant yang mempunyai sub brand yang bernama liv.

Liv tersebut memiliki beberapa jenis sepeda yang dirancang khusus untuk para wanita. Kamu juga bisa mengeceknya  langsung ke situs toko-toko fisik agar kamu bisa menentukan ukuran yang pas dengan tubuh  kamu.

  • Sesuaikan dengan budget

Sumber: pinterest.com

Sebelum membeli sepeda tentunya kamu harus memperhatikan harga sepeda yang ingin kamu beli. Semakin mahal harganya biasanya ditentukan oleh bagusnya kualitas yang dimiliki sepeda tersebut. Jika kamu tidak terlalu sering menggunakan sepeda, alangkah baiknya kamu memilih sepeda yang tidak terlalu mahal.

Kamu bisa membeli sepeda lipat yang memiliki harga kisaran Rp 1 jutaan sampai Rp 3 jutaan. Walaupun harga nya yang cukup terjangkau tetapi variasi harga tersebut memiliki kualitas material yang cukup bagus dan tahan lama. Tentunya sangat cocok untuk kamu pakai di lingkungan perkotaan.

  • Siapkan budget untuk aksesoris sepeda

Sumber: pinterest.com

Saat kamu membeli sepeda tentu kamu juga harus membeli aksesoris-aksesoris sepeda untuk kebutuhan kamu. Aksesoris yang perlu kamu beli adalah helm, bel, alat pengaman sepeda, tempat menyimpan botol minum dan perangkat yang dibutuhkan untuk mengganti ban.

Dengan kamu membeli aksesoris tersebut maka kegiatan bersepeda kamu akan terasa lebih aman dan nyaman untuk dilakukan.

  • Cek ke beberapa toko sepeda

Sumber: pinterest.com

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah mengecek ke beberapa toko sepeda, mau itu toko online atau fisik. Jika kamu menjumpai toko fisik  untuk membeli sepeda maka kamu bisa secara  langsung menjajal sepeda tersebut. Dengan begitu kamu akan tahu kualitas yang dimilikinya. Tapi, jika kamu merasa sudah cocok dengan sepeda nya, jangan langsung untuk membeli. Karena alangkah baiknya, jika kamu mengecek harga sepeda nya terlebih dahulu di toko online.

Jika harga sepeda tersebut lebih murah daripada di toko fisik, maka kamu jangan khawatir untuk membelinya di toko online. Yang terpenting spesifikasi dan jenis nya sama persis seperti yang sudah kamu jajal di toko fisik.

Itulah tips-tips penting yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli sepeda untuk kamu para wanita. Semoga artikel ini bermanfaat ya!. Baca juga Begini Langkah Bagaimana Cara Menulis Cerpen.

Comment

News Feed