by

Bagaimana Merawat Kulit Bayi di Bagian Genitalia? Inilah Tips Khususnya

Kulit bayi memang sangat tipis dan sensitif, baik itu kulit wajah, tubuhnya, terutama area genitalia. Area tersebut memerlukan perawatan khusus karena sering tersentuh atau tergores saat bayi bergerak. Dan juga akan sering bergesekan dengan popok yang bayi kenakan. Selain itu area tersebut selalu tertutup sehingga terasa lebih lembab.

Saat membersihkan area genitalia perlu menggunakan sabun bayi anti iritasi, dan tentunya dibersihkan atau dibasuh secara lembut dan perlahan. Saat membasuhnya jangan sampai area tersebut tergores atau terluka, karena akan menimbulkan ketidaknyamanan untuk si bayi.

Bagaimana perbedaan antara laki-laki dan perempuan untuk pembersihan area genitalia tersebut?

Untuk perempuan perlu kewaspadaan khusus saat membersihkan daerah genitalia ini. Bagian yang dibersihkan cukup bagian luar saja, cukup di lab dengan kain halus atau tisu. Berbeda dengan laki-laki, pembersihan bagian genitalia bisa dilakukan pada semua bagian dan menyeluruh. Hal yang perlu dijaga yaitu pada bagian ujung penisnya. Setelah itu jangan lupa dikeringkan dan sebelum memakaikan popok untuk bayi daerah tersebut harus diberi bedak agar kulit tidak lembab. Untuk pemberian bedak juga cukup di bagian luar saja. Pemberian bedak ini bertujuan agar kulit tidak lengket yang menyebabkan iritasi bahkan luka.

Pemilihan popok juga harus sesuai kondisi kulit bayi dan ukuran badan bayi, agar bayi tetap nyaman.  Seorang pakar mengatakan, bahwa sebaiknya mengganti popok setidaknya 3 – 4 jam sekali. Dengan itu anda bisa mengetahui kondisi kulit bagi pada area genitalia tersebut mengalami iritasi atau tidak dan juga bisa mengontrol kelembaban area tersebut.

Apakah perlu dipakaikan losion untuk bayi?

Setelah mandi memang lebih baik bayi dioleskan diaper cream bayi untuk menjaga kelembaban kulit bayi. Selain itu akan menjadikan kulit bayi lebih halus. Lotion ini bisa dipakaian setelah bayi dimandikan.

Anda bisa menggunakan sabun bayi anti iritasi dan lotion produk dari Sleek Baby. Produk ini aman untuk bayi dan memang diproduksi untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit bayi. Produk ini tidak mengandung zat berbahaya yang akan merusak kulit misal zat alkohol, Karena diproduksi dari bahan alami.

Comment

News Feed