5 Metode untuk Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi Mahasiswa

  • Whatsapp
Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Memori dan konsentrasi adalah dua faktor penting yang dapat berdampak besar pada kinerja akademis seseorang. Dengan memori yang kuat, yang terdiri dari kemampuan mengingat peristiwa masa lalu secara tepat dengan mudah, kamu memiliki peluang untuk mencapai nilai atau sesuatu yang kamu targetkan. Misalnya saat ini kamu sudah menjadi mahasiswa, tetapi kamu ingin belajar bahasa Inggris mahasiswa karena tuntutan akademik, tidak masalah jika kamu bisa memperbaiki memori dan konsentrasimu.

Mampu berkonsentrasi di kelas atau saat belajar adalah faktor penting lain yang dapat membedakan setiap mahasiswa. Dan yang menarik, hal-hal ini tidak terlalu sulit untuk diperbaiki. Berikut beberapa cara meningkatkan konsentrasi untuk membantu kamu meningkatkan daya ingat:

1. Ciptakan waktu untuk meditasi kesadaran.

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu peroleh dari tindakan ini. Hanya 10 hingga 20 menit meditasi setiap hari dapat membantu meningkatkan rentang perhatianmu, menurut penelitian. Selain mencegah pikiran mengembara dan mengurangi pikiran cemas, meditasi kesadaran dapat menurunkan risiko depresi, mengurangi tingkat stres, dan meningkatkan kesehatan jantung.

2. Menghindari gangguan.

Salah satu cara untuk meningkatkan konsentrasi adalah dengan menghindari gangguan dalam bentuk apa pun. Kamu juga harus mendisiplinkan diri sendiri dan tahu kapan harus mengatakan tidak pada hal-hal yang awalnya tidak ada dalam rencana.

3. Lawan dan menaklukkan kebiasaan menunda.

Memiliki terlalu banyak pekerjaan di meja atau memikirkan terlalu banyak hal pada satu waktu dapat membuat seseorang lebih sulit berkonsentrasi. Jadi, hindari penundaan. Biasakan mengerjakan tugas pada waktu yang tepat, sehingga pada akhirnya, kamu tidak perlu khawatir.

4. Kurangi konsumsi gula.

Mengurangi konsumsi gula dapat berdampak besar pada kemampuan kognitif dan kesehatan secara umum. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi berlebihan dari makanan sarat gula dapat menyebabkan daya ingat yang buruk baik di usia muda maupun tua.

5. Tidur.

Istirahat yang cukup, terutama pada malam hari, merupakan metode lain yang terbukti bagi siswa untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Penelitian juga menunjukkan bahwa kurang tidur dapat berdampak negatif pada ingatan seseorang.

Related posts