Tips Menggunakan Reksadana untuk Pemula

  • Whatsapp
Reksadana

Investasi sekarang jauh lebih mudah dibandingkan dengan zaman dahulu yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu. Akan tetapi sekarang investasi sudah bisa dilakukan oleh berbagai kalangan bahkan anak-anak sekolah juga bisa melakukan investasi dengan mudah.

Namun untuk kalian yang baru dalam kegiatan investasi kamu bisa mengikuti langkah-langkah di link ini https://www.linkaja.id/artikel/7-langkah-mudah-belajar-reksadana-bagi-pemula. dalam investasi ada banyak jenis yang bisa kamu pilih, salah satunya dengan bergabung di Reksadana. Investasi reksadana sendiri merupakan cara pengelolaan dana yang digunakan untuk investor yang melakukan investasi dalam produk-produk yang ada di pasar modal dengan membeli unit produk di reksadana.

Pada umumnya, dana yang telah di investasikan tersebut dikelola oleh manajer investasi dalam bentuk portofolio investasi seperti bursa efek/sekuriti atau juga pasar uang, obligasi, maupun saham. Itu tadi produk-produk yang biasanya ada di kegiatan investasi reksadana.

Kegiatan investasi kedengarannya memang sangat sulit, akan tetapi sebenarnya investasi di reksadana cukup mudah dengan catatan kamu harus belajar terlebih dahulu sebelum terjun ke investasi di reksadana. Oleh sebab itu, di sini saya akan memberikan tips mudah yang bisa kamu lakukan untuk bisa belajar reksadana untuk para pemula.

1. Tentukan Tujuan Investasi dari Awal

Hal yang pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tujuan kamu dalam kegiatan investasi dan kenapa kamu memilih reksadana sebagai lading investasi kamu. Kamu juga harus bisa menentukan berapa lama jangka waktu dalam kegiatan investasi di reksadana tersebut. Apakah kamu pilih untuk jangka oendek atau juga jangka panjang. Dengan langkah awal tersebut kamu akan lebih mudah dalam melakukan investasi di reksadana sesuai dengan kebutuhan dan target.

2. Mencari Tahu Laba-Rugi dari Reksadana

Mengetahui laba atau rugi dari investasi reksadana adalah pembelajaran yang harus kamu lakukan, karena ini menyangkut apa saja keuntungan dan kerugian yang akan kamu dapat di kemudian hari. Perlu kamu ingat bahwa kegiatan investasi tidak bisa di prediksi kepan akan mendapatkan laba atau rugi.

3. Review Track Record

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan dalam belajar reksadana adalah mengetahui track record contohnya, pergerakan return dan risiko yang ada serta Nilai Aktiva Bersih atau di singkat NAB, dengan begitu kamu bisa lebih terbantu dalam memilih investasi yang pas. Kemudian produk reksadan yang baik juga bisa dilihat dari persentasi yang selelu naik atas reksadana sejenis maupun IHSG-nya.

4. Harus Paham Isi Prospektus

Dengan kamu telah memahami isi dari prospektus sebelum membeli reksadana, dengan begitu kamu bisa risiko kerugian yang akan terjadi.

5. Ketahui Produk-produk Reksadana

Saat ini produk reksadana yang umum digunakan di investasi ini adalah sebanyak empat produk yang terdiri dari reksadana pasar uang, dalam produk ini semua uang yang telah di investasikan akan dikelola di obligasi, deposito, SBI (Sertifikat Bank Indonesia). Produk reksadana ini juga memliki risiko yang kecil, tentunya keuntungan yang akan di peroleh juga tidak besar.

Kemudian produk yang kedua adalah pendapatan tetap, dalam produk reksadana ini biasanya dana yang di investasikan harus sejumlah 80% dari keseluruhan dana investor. Namun nantinya keuntungan yang bisa kamu dapatkan bisa lebih dari 10%/tahun.

Produk ketiga adalah reksdana index, produk ini hampir sama dengan saham karena biasanya produk ini juga bisa diperjualbelikan di bursa saham dengan harga yang tidak tetap. Dan yang terakhir dari produk reksadana adalah reksadana campuran dari ketiga jenis reksadan yang di atas dan juga tentunya ada peraturan dari jenis-jenis reksadana sebelumnya.

Langkah yang terakhir yang bisa kamu lakukan adalah memahami mekanisme dari investasi reksadana, tentunya dengan ketekunan dan kesabaran yang juga harus kamu lakukan. Sehingga kamu akan untung dalam berinvestasi di reksadana. Kamu juga bisa mengikuti langkah sukses berinvestasi di reksadana dari berbagai artikel lain seperti di linkaja.id.

Related posts