by

Tips Menyusun Tumpeng yang Baik untuk Acara Lomba

Teman teman ingin mengikuti lomba tumpeng untuk mengikuti acara tahun baru. Bagaimana sih cara kita menyajikan nasi tumpeng dengan bagus dan cantik untuk lomba. Ikuti terus ya teman teman infonya.

Nasi tumpeng ini sudah merupakan sajian nasi yang sangat lengkap dan sebagai ritual masyarakat pulau Jawa untuk mengungkapkan rasa syukur mereka kepada yang maha kuasa. Jenisnya Sangay banyak sekali bagaimana tujuan teman teman semuanya.

Pada umumnya penilaian dalam lomba nasi tumpeng ini adalah dilihat dari susunan, tampilan keseluruhan, kelengkapan lauk, cirarasa, kebersihan  dan pastinya biaya dengan ketentuan lainnya sesuai tema saja. Apabila teman teman ingin menghias nasi tumpeng dengan baik, langsung saja simak di sini : dan teman teman juga bisa memesan makanan nasi tumpeng di sini : pesan nasi tumpeng di jakarta.

  • Yang pertama adalah cara mencetak nasinya

Langkah pertama yang harus diambil adalah menentukan nasi seperti apa yang akan dibuat karena banyak pilihan nasi yang dibuat untuk nasi tumpeng contohnya nasi putih, nasi kuning, dan nasi kuning. Dan di sini kita menggunakan nasi kuning sebagai nasinya dengan dicampur beras ketan agar tumpeng bisa lebih kuat.

Apabila teman teman mempunyai beras pulen alangkah baiknya memakai beras pulen saja. Agar nasi berbentuk kerucut bisa menggunakan cetakan kue. Apabila kita mengikuti aturan Jawa maka tumpeng dipastikan berbentuk kerucut sebagai simbol mengarah kepada Tuhan.

  • Yang kedua adalah pusat perhatian

Nasi tumpeng selain berbentuk kerucut tinggi dengan wadah di bawahnya, dan lauk pauk di sini adalah yang menjadi pusat perhatian orang orang agar mereka tertarik dengan nasi tumpeng kita, dan puak tumpeng sebagai pusat dari perhatian harus diberi hiasan yang menarik.

  • Yang ketiga adalah lauk pauk yang berwarna cerah

Yang dimaksud dengan lauk-pauk yang berwarna cerah adalah lauk pauk tumpeng harus berwarna cokelat atau merah tua dan teman teman susun nasi tumpeng dengan semenarik mungkin, dengan mengelilingi kerucut tumpeng, seperti perkedel, oreg tempe dan ayam goreng yang mempunyai warna yang hampir sama. Agar lebih baik lagi campurkan sayuran dengan warna yang menarik akan membuat nasi tumpeng lebih menarik dan keren.

  • Yang keempat adalah hiasan nasi tumpeng yang simpel

Sebaiknya menghiasi nasi tumpeng dengan bahan yang bisa dimakan dan tidak menaruh bahan yang aneh ke dalam nasi tumpeng karena itu bisa mempengaruhi penilaian nasi tumpeng anda. Lebih baik buat hiasan dari cabe yang bisa dibentuk atau ditaburkan, sayuran seperti wortel yang bisa dihias seperti bunga dan yang lainnnya. Selain memperindah, hiasan nasi tumpeng ini aman karena bahan yang di gunakan adalah bahan pilihan dan pastinya masih segar.

  • Yang terakhir adalah citarasa dari nasi tumpeng

Banyak orang yang membuat nasi tumpeng dengan bahan atau lauk pauk dengan rasa yang gurih. Karena itu teman teman jangan berlebihan memasukan garam pada nasi tumpeng, karena di dalam lauk pauk sudah banyak sekali yang diberi garam karena akan membuat masakan menjadi asam. Lebih baik teman teman buat sambal untuk menjadi pelengkap nasi tumpeng teman teman karena dengan sambal agar memberi rasa pedas dari lauk pauk yang lainnya.

Sekian informasi tentang Tips Menyusun Tumpeng yang Baik untuk acara lomba, semoga bermanfaat untuk semua, terimakasih.

Comment

News Feed