by

Tanpa Kartu Kredit & DP, Begini Cara Kredit Online Gadget Idamanmu

Berkat perkembangan inovasi teknologi dalam sektor finansial, sekarang mau nyicil gadget idaman udah nggak perlu lagi pakai kartu kredit. Semua bisa kredit online dan bahkan tanpa ada uang muka apabila kamu menggunakan Kredivo sebagai akses kreditnya. Kredivo sendiri merupakan fintech atau penyelenggara teknologi finansial (TekFin) yang menawarkan akses kredit instan secara online bagi semua orang yang memenuhi syarat berikut:

  1. WNI yang telah berusia minimum 18 tahun ke atas.
  2. Memiliki penghasilan tetap per bulannya minimal Rp 3 juta.
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.

Sebagai penyelenggara TekFin, layanan Kredivo tersedia melalui aplikasi yang dapat didownload di Google Play Store (untuk Android) ataupun App Store (untuk iOS). Kredivo juga memiliki situs dan blog resmi yang dapat diakses. Di situs dan blog ini, tersedia berbagai informasi mulai dari info perusahaan, suku bunga, cara pengajuan, daftar mitra e-commerce dan merchant, hingga berbagai artikel seputar tips finansial.

Gadget, seperti laptop, kamera, atau HP, termasuk kategori barang yang kisaran harganya jutaan. Maka, nggak heran kalau banyak orang lebih cenderung memilih metode cicilan untuk membeli gadget. Sebelum ada fasilitas kredit online seperti Kredivo, cicilan di merchant konvensional atau e-commerce hanya bisa menggunakan kartu kredit saja, sehingga jangkauannya lebih terbatas.

Dengan adanya akses kredit online dari Kredivo, setiap orang yang belum memiliki akses kredit kini berkesempatan untuk mendapat akses kredit dengan proses pendaftaran yang lebih mudah, cepat, dan praktis. Yuk, simak caranya berikut ini.

Daftar sebagai pengguna Premium agar mendapat limit lebih besar

Bagi kamu yang sudah memenuhi tiga syarat di atas, maka kamu dapat langsung download aplikasi Kredivo untuk pendaftaran. Ketika mendaftar, kamu akan diberikan dua pilihan akun, yaitu Basic dan Premium. Untuk akun Basic, maksimal limit kredit online yang diberikan Kredivo sebesar Rp 3 juta dan hanya bisa digunakan untuk transaksi bayar dalam 30 hari tanpa bunga. Jika kamu mau bisa cicilan, maka kamu perlu harus mendaftar untuk akun Premium. Sebab, selain limit kreditnya maksimal bisa sampai Rp 30 juta, metode cicilan 3/6/12 bulan dan juga pinjaman tunai hanya tersedia untuk pengguna Premium.

Pendaftaran akun Premium cukup mudah. Namun sebelumnya, pastikan kamu memiliki akun internet banking dan juga akun e-commerce yang aktif. Akun internet banking perlu disambungkan ke aplikasi Kredivo saat mendaftar sebagai bukti penghasilan, sedangkan akun e-commerce berfungsi untuk bukti domisili kamu saat ini. Selain itu, kamu juga perlu mengupload foto KTP asli, foto selfie, hingga mengisi form data diri secara online. Setelah proses pendaftaran selesai, selanjutnya kamu hanya perlu tunggu proses approval dari Kredivo dalam waktu 1 x 24 jam

Bandingkan harga gadget di beberapa merchant sebelum membeli

Apabila pendaftaran sudah disetujui dan kamu telah menerima sejumlah limit, kamu dapat langsung menggunakan limit tersebut sesuai kebutuhan. Namun, apabila pendaftaranmu ditolak, maka kamu bisa coba daftar lagi 3 bulan kemudian. Ketika mendaftar lagi, pastikan kamu mengikuti instruksi pendaftaran dengan benar, seperti mengupload dokumen asli yang sesuai data diri, dan memotret dokumen dengan jelas serta bisa terbaca.

Ada lebih dari 250 e-commerce dan merchant yang sudah menjadi mitra Kredivo saat ini untuk transaksi cicilan. Ada Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Blibli, JD.id, dan masih banyak lagi. Untuk gadget, ada juga Bhinneka hingga merchant offline seperti Samsung, Sentra Ponsel, Erafone, hingga store Acer, kini sudah bisa didatangi dan bayar dengan menggunakan Kredivo.

Karena banyak pilihan e-commerce serta merchant untuk gadget, ini bisa jadi salah satu keuntungan untuk kamu. Sebab, sebelum mencicil, kamu dapat membandingkan harga gadget yang kamu inginkan dari merchant satu ke merchant lain. Penting sifatnya untuk membandingkan harga gadget agar kamu tahu kisaran harga pasar dan bisa mendapat harga terbaik.

Metode cicilan dengan Kredivo berlaku untuk minimum pembelanjaan sebesar Rp 1 juta. Sementara untuk tenornya, tersedia mulai 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan, tanpa uang muka, dengan suku bunga angsuran hanya sebesar 2,95% per bulan, sangat bersaing dengan bunga bank konvensional.

Setelah yakin dengan pilihan gadget & merchant, langkah berikutnya adalah pembayaran. Bila kamu memilih metode pembayaran denganKredivo, kamu akan diminta login ke akun Kredivo-mu untuk meneruskan pembayaran dengan cicilan.

Pilih cicilan dengan Kredivo sebagai metode pembayaran & tenor yang sesuai kapasitas finansial

Setelah login, di halaman pembayaran kamu juga akan diminta memilih tenor cicilan. Kredivo juga memberikan simulasi cicilan secara transparan di awal sebelum kamu menyetujui kredit. Pilih tenor yang sesuai kemampuan finansial. Tenor 6 bulan dan 12 bulan bisa kamu pilih jika kamu mau jumlah angsurannya tidak terlalu besar per bulannya. Namun, jumlah angsuran juga kembali lagi pada harga gadget yang kamu pilih. Maka dari itu, sesuaikan juga harga gadget dengan kondisi keuangan ya!

Jangan mengambil lebih dari 1 cicilan dalam waktu bersamaan

Jika cicilan sudah disetujui, semua detailnya dapat kamu lihat di aplikasi Kredivo bagian menu “Transaksi”. Mulai dari jumlah angsuran per bulan, masa tenor, hingga tanggal jatuh tempo pembayaran tiap bulannya. Untuk menjaga skor kredit tetap positif dan keuangan tetap stabil, sebaiknya, jangan ambil lebih dari 1 cicilan dalam waktu bersamaan. Misal, jika kamu sudah cicil 1 gadget, selesaikan dulu cicilan hingga lunas atau minimal sampai 6 bulan berjalan. Hal ini hitung-hitung juga bisa mengukur seberapa konsisten & lancar keuanganmu untuk membayar angsuran yang masih tersisa setiap bulannya. Selamat mencoba!

Comment

News Feed