by

Sulit Mencari Kendaraan Dengan Muatan Besar? Ketahui Merk dan Daya Angkut Mobilnya

Mobil termasuk transportasi andalan masyarakat karena memiliki muatan beragam, alhasil anda bisa menyesuaikan barang bawaan. Sayangnya sebagian pengendara, lalai mengenai daya angkut mobil sehingga memicu kerusakan mobil. Padahal aturan kapasitas tersedia pada buku panduan.

Daftar Mobil Beserta Kapasitas Daya Angkutnya

Umumnya, pemilik mobil akan mengisi ruang mobil dengan barang bawaan karena dianggap aman. Padahal tindakan tersebut salah dan merugikan pengendara, apa jadinya jika tindakan itu menimbulkan kecelakaan maupun kerusakan kendaraan. Berikut ada daftar mobil beserta kapasitas daya angkutnya, jadikan acuan agar mobil anda tak kelebihan muatan:

  1. Honda

Sejatinya, daya angkut mobil mencakup beban muatan barang maupun penumpang. Pastinya, kapasitas muatan dihitung berdasarkan cara pengurangan berat maksimum mobil. Hal tersebut dikenal dengan Gross Vehicle Weight atau GVW dengan jumlah berat kosong mobil atau Curb Weight atau CW. Kemudian selisih GVW dan CVW termasuk beban dari mobil yang bisa ditambahkan untuk diangkut.

Umumnya, daya angkut Honda Jazz tak berbeda jauh dengan Honda CR-V Gen. Apalagi daya angkut Honda CR-V Gen adalah 3: 527 Kg dan Honda Mobilio mencapai 715 Kg.

  1. Mobil Agya

Jenis mobil Agya diminati masyarakat Indonesia karena spesifikasinya beragam, pastinya perjalanan semakin seru karena performanya tinggi. Apalagi Toyota Agya termasuk salah satu mobil ramah lingkungan dan harganya terjangkau, anda bisa memilih varian sesuai selera.

Sejatinya, varian Toyota Agya adalah Toyota Agya E, Toyota Agya G dan Toyota Agya TRD S. Daya angkut mobil Agya terbilang besar karena maksimal jumlah penumpangnya 5, perjalanan tetap nyaman karena ruangnya lebar dengan dukungan 5 pintu yang memudahkan anda keluar mobil beserta barang bawaan.

Selain itu Toyota Agya memiliki bagasi kecil di belakang kursi baris kedua untuk menaruh barang bawaan. Tujuannya agar penumpang tetap nyaman selama perjalanan dan enak dipandang mata.

  1. Mobil Innova

Untuk daya angkut mobil Innova terbilang besar, yaitu 2.130 kilogram dan berat kosongnya mencapai 1.525 kilogram. Untuk itu, hasil perhitungan kapasitas muatan adalah 2.130-1.525 = 605 kilogram. Agar perjalanan anda nyaman, sebaiknya batasi 4 penumpang sehingga tidak mempengaruhi performa mobil. Tetapi jika berat badan penumpang semuanya ideal, bisa 5 penumpang jika jarak tempuhnya dekat.

  1. Mobil Daihatsu

Mobil Daihatsu tak kalah populer di kalangan masyarakat, fitur dan kelengkapannya semakin mumpuni sehingga membuat pengendara puas memilikinya. Selain itu jenisnya beragam sehingga bisa dipilih, diantaranya adalah Daihatsu Terios memiliki daya angkut 450 kilogram.

Sementara jenis Daihatsu Xenia memiliki daya angkut 1.0 : 545 kilogram. Untuk jenis Xenia mencapai 1.3 : 550 kilogram, Daihatsu Gran max 890 kilogram dan Daihatsu Luxio memiliki daya angkut mobil 800 kilogram.

  1. Mobilio

Honda Mobilio juga menjadi primadona masyarakat karena cocok untuk bepergian bersama keluarga dan hal lainnya. Fitur daya angkut Mobilio terbilang besar sehingga menjadi transportasi andalan banyak orang, apalagi performanya mumpuni dengan fitur canggih dan terdepan.

Sejatinya, daya angkutnya mencapai 715 kilogram. Alhasil mampu menampung penumpang 5 orang, bahkan 6 dengan salah satu penumpang anak-anak. Dijamin perjalanan anda semakin berkesan karena anggota keluarga turut serta.

Daya angkut mobil disesuaikan dengan jenis mobil dan tahun produksinya. Banyak mobil keluaran terbaru memiliki kapasitas angkut besar lantaran harganya sangat mahal, yang terpenting adalah mendapatkan mobil dengan daya angkut sesuai kebutuhan sehingga tidak menjadi beban.

News Feed