by

Ide Bisnis yang Tidak Membutuhkan Banyak Biaya

-Bisnis-14 views

Usaha modal kecil kerap kali menjadi pilihan bagi para ibu rumah tangga atau bahkan karyawan kantor yang ingin memperoleh pemasukan tambahan. Bisnis ini biasanya dimulai dalam skala kecil, namun bukan tidak mungkin bahwa bisnis tersebut dapat berkembang menjadi lebih besar jika dilakukan dengan tekun.

Penyebab utama sebuah bisnis tidak dapat berkembang adalah tidak adanya pembukuan yang dapat membantu dalam pencatatan transaksi keuangan sekaligus memantau alur kas masuk dan kas keluar, sehingga perkembangan usaha susah untuk dipantau.

Penyebab sebuah bisnis tidak berjalan lancar

Bukan hanya bisnis yang memiliki skala besar yang berisiko untuk gagal dan menderita kerugian, bisnis dalam skala kecilpun demikian. Selain tidak adanya pembukuan yang dapat menjadi control terhadap kondisi keuangan perusahaan, ada beberapa alasan yang menyebabkan sebuah usaha mengalami kegagalan diantaranya:

  • Kemampuan manajemen yang tidak memadai

Usaha kecil seringkali tidak memiliki personel tingkat senior yang memiliki kemampuan dalam mengelola perusahaan. Meski pemilik bisnis memiliki ketrampilan dalam membuat dan menjual produk atau layanan yang sesuai namun tanpa dampingan dari tim manajemen yang berdedikasi kesalahan dalam pengelolaan aspek-aspek bisnis seperti keuangan, pemasaran dan perekrutan tidak dapat dihindari. Oleh karena itu tim manajemen yang kuat adalah faktor yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan sebuah bisnis

  • Kekurangan dana atau modal kerja

Hampir setengah dari bisnis yang gagal disebabkan oleh kekurangan dana, hal ini yang kemudian akan berdampak pada operasi perusahaan.

  • Rencana bisnis dan infrastruktur perusahaan

Usaha modal kecil banyak yang mengabaikan perencanaan binis efektif sehingga tidak siap untuk beradaptasi dengan perubahan pasar maupun industri. Rencana bisnis yang baik mencakup aspek yang jelas terkait bisnis tersebut, kebutuhan manajemen dan karyawan, kebutuhan modal termasuk didalamnya proyeksi arus kas dan anggaran, analisa pesaing, strategi pemasaran serta model dan infrastruktur perusahaan yang lebih spesifik.

  • Kesalahan dalam metode pemasaran

Pemasaran merupakan aspek terpenting dari setiap bisnis, oleh karena itu perusahaan harus menetapkan anggaran yang realistis untuk pos tersebut karena kekurangan pada biaya pemasaran awal, akan sulit untuk menutup kekurangan dari pos tersebut.

Beberapa ide usaha yang dapat dilakukan dengan modal sedikit

Kini keterbatasan modal tidak bisa menjadi alasan untuk tidak memulai sebuah usaha karena seiring dengan perkembangan zaman banyak sekali peluang usaha modal kecil yang dapat dicoba oleh pebisnis pemula. Usaha tersebut diantaranya adalah:

  1. Budidaya ikan air tawar atau beternak ayam petelor
  2. Sewa perlengkapan bayi
  3. Membuka Pom Mini (Pertamini)
  4. Membuat bingkisan untuk hari raya, natal maupun hari besar
  5. Membudidayakan tanaman organik
  6. Membuka salon kecantikan dan barbershop
  7. Menjual Makanan olahan yang dibekukan (frozen food) dan kue-kue kering
  8. Membuka warung kopi dan makanan instan
  9. Toko Kelontong
  10. Membuka tempat cuci motor
  11. Menyediakan jasa reparasi barang-barang elektronik
  12. Usaha air galon isi ulang dan LPG delivery
  13. Jasa laundry kiloan
  14. Menyediakan pulsa, paket internet, dan PPOB
  15. Membuka usaha katering
  16. Menjadi dropshipper
  17. Menjahit pakaian dan permak jeans

News Feed