by

Inilah Upaya yang Bisa Dilakukan Orang Tua untuk Melindungi Bayi dari Infeksi Virus Corona

Jika dilihat kebanyakan diantara pasien atau orang yang terinfeksi virus Corona memang didominasi oleh lansia. Hal ini memang disebabkan karena seiring dengan bertambahnya usia maka kemampuan tubuh akan mengalami kemunduran atau penurunan. Termasuk diantaranya adalah dari segi sistem imuns atau daya tahan. Sehingga memudahkan untuk terserang beragam jenis penyakit, apalagi Covid 19 yang tengah menjadi pandemi yang sangat menakutkan bagi masyarakat saat ini.

Meskipun resiko untuk terjangkit lebih tinggi pada orang-orang yang sudah berusia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan bagi siapa saja untuk terserang penyakit tersebut. Termasuk diantaranya adalah anak-anak sampai dengan bayi. Patut untuk diketahui bagi orang tua yang memiliki bayi, mereka juga memiliki sistem imuns atau kekebalan tubuh yang lemah. Sehingga resiko untuk tertular penyakit yang menyerang sistem pernapasan ini juga terbilang cukup tinggi.

Jika seandainya bayi terserang virus Corona biasanya resiko komplikasinya juga cukup tinggi. Bahkan sangat mungkin untuk menyebabkan kematian. Untuk itu sedini mungkin bagi para orang tua harus mengenali beberapa gejalanya, yaitu:

  1. Demam tinggi, dimana suhu tubuh buah hati Anda mencapai angka 38 derajat Celcius bahkan lebih.
  2. Batuk kering atau batuk yang tidak disertai dengan dahaga.
  3. Sesak napas.
  4. Bayi menjadi lemas dan juga kurang aktif.
  5. Nafsu makan atau keinginan untuk menyusu menjadi berkurang, sehingga sering kali menyebabkan dehidrasi.
  6. Diare, pada sebagian bayi juga ada yang mengalami diare.

Untuk itu ketika sudah mulai mencurigai beberapa gejala di atas, maka patut bagi Anda segera memeriksakan atau membawa mereka ke dokter, sebelum terlambat dan agar penyakit tersebut tidak menular kepada yang lainnya. Adapun juga bagi pada orang tua yang memang masih memiliki anak bayi, maka sebaiknya memberikan perlindungan terbaik bagi mereka agar tidak sampai terjangkit penyakit tersebut, atau istilahnya adalah mencegah. Berikut ini diantaranya ada beberapa langkah pencegahan agar buah hati tidak sampai terkena Covid 19, yaitu:

  1. Secara rutin memberikan ASI kepada mereka, bagaimanapun air susu ini memiliki nutrisi yang sangat lengkap untuk menunjang kebutuhan gizi si kecil. Termasuk diantaranya adalah berguna di dalam meningkatkan sistem imuns atau kekebalan tubuh, sehingga nantinya mereka tidak akan mudah sakit atau melindungi dari beragam jenis infeksi.
  2. Hendaknya pastikan bahwa si kecil tetap berada di dalam rumah, jika perlu jauhkan mereka dari orang yang terlihat sakit atau memiliki gejala Corona. Sehingga nantinya tidak akan mudah terinfeksi. Biasakan diri untuk mencuci tangan menggunakan sabun atau jika kondisinya darurat maka gunakan hand sanitizer saja sebelum menggendong buah hati Anda. Ini juga dapat mencegah mereka agar tidak sampai tertular penyakit.
  3. Sebaiknya gunakan masker jika seandainya sedang sakit, jika perlu maka jangan asuh sendiri buah hati Anda ketika sedang sakit, gantilah peran tersebut dengan pasangan Anda jika tidak ingin resiko menularkan penyakit kepada si kecil.

Itulah beberapa upaya yang dapat dilakukan agar si kecil bisa terhindar dari infeksi virus Corona yang tengah mewabah saat ini. ada baiknya juga mulailah dengan menjaga kesehatan diri sendiri, karena jika seandainya orang tuanya sendiri sakit, tentunya akan sulit untuk melindungi si kecil bukan. Lawan Corona dengan patuh terhadap beragam aturan yang ditetapkan oleh pemerintah, ketahui informasi-informasi lainnya terkait dengan Covid 19 ini lewat situs Halodoc.

Hosting Unlimited Indonesia

News Feed