Induk Organisasi Bola Basket Nasional dan Internasional

  • Whatsapp
Induk Organisasi Bola Basket

Siapa yang tidak mengenal bola basket? Bahkan boleh dikatakan hampir semua masyarakat mengetahui serta memainkan olahraga yang satu ini. Tapi apakah Anda tahu siapa yang pertama kali menemukan permainan bola basket? Atau apa nama induk organisasi bola basket baik itu nasional maupun internasional? Nah, di artikel ini akan kita bahas tentang apa saja yang berkaitan dengan bola basket.

Bagi Anda penggemar bola basket tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya liga NBA. Adapun kompetisi bola basket yang ternama ini berasal dari Amerika dimana tepatnya pada tanggal 6 bulan Juni 1946 berdiri. Disinilah lahir banyak para bintang profesional sebut saja Kobe Bryant, Kareem Abdul Jabbar, LeBron James, Michael Jordan hingga Stephen Curry. Sejak saat itulah olahraga basket mulai menyebar ke hampir seluruh bagian di Amerika Serikat sehingga tidak salah jika mulai banyak orang yang memainkannya.

Sementara awal sejarah bola basket di Indonesia memiliki proses yang cukup panjang. Pada tahun 1920 imigran Cina datang ke Indonesia dengan membawa permainan bola basket ini. Pada zaman dulu permainan ini dilakukan hanya oleh kaum Tionghoa sementara orang Indonesia sendiri belum memainkan bermain bola basket. Hal ini disebabkan karena Indonesia masih di bawah penjajahan bangsa Belanda. Walaupun demikian pemerintah Belanda tidak melarang untuk memainkan bola basket.

Berbicara soal permainan bola basket tentu sangat berkaitan dengan peraturan. Hal ini penting untuk mengatur jalannya permainan agar pemain bisa bermain secara sportif dan pertandingan berlangsung dengan aman. Apa saja peraturan tersebut?

Dalam permainan bola basket ukuran sebuah lapangan bola basket itu berbentuk persegi panjang. Namun antara aturan NBA dan FIBA ada sedikit perbedaan yaitu pada ukuran panjang serta lebarnya. Di mana aturan lapangan basket FIBA panjang kali lebar lapangan adalah 26 x 14 m. Sementara aturan lapangan basket NBA panjang kali lebar lapangan adalah 28,5 x 15 meter. Pada bagian tengah lapangan menggunakan ukuran diameter lingkaran 3,6 m dan ring basket nya memiliki tinggi 2,75 meter dan diameter lingkaran nya adalah 0,45 m

Meskipun sama-sama bola namun bola yang digunakan pada bola basket serta sepakbola jelas berbeda baik itu ukuran maupun beratnya. Untuk bola basket sendiri ukuran yang diatur adalah memiliki keliling bola basket sekitar 75 cm hingga 78 cm. Dan ukuran ini tidak bisa lebih atau kurang namun sesuai dengan yang sudah ditetapkan.

Pemain dalam pertandingan olahraga basket

Pada satu pertandingan bola basket ada dua tim yang saling bertanding dimana ada 12 pemain dalam satu tim. Lima orang pemain bertanding di lapangan basket dan tujuh orang lainnya sebagai cadangan. Sementara itu ada dua orang wasit yang menjaga pemain yaitu referee atau wasit utama dan umpiree atau asisten wasit utama.

Peraturan permainan bola basket

Dalam permainan bola basket ada dua aturan waktu yang digunakan yaitu waktu kedatangan dan waktu saat pertandingan. Pemain wajib datang setidaknya 30 menit sebelum berlangsungnya pertandingan bola basket. Sementara waktu pertandingan bola basket itu dibagi menjadi empat babak dimana masing-masing babak diberi waktu 10 menit. jadi total seluruh waktu pertandingan adalah 40 menit.

Itulah beberapa penjelasan secara sekilas mengenai induk organisasi bola basket baik itu nasional maupun internasional. Termasuk, peraturan apa saja yang perlu diketahui mulai dari ukuran lapangan, jumlah pemain hingga tinggi ring yang ditentukan.

Related posts