Mengenal Gejala Jantung dari SehatQ

  • Whatsapp
Chat Dokter Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu kondisi saat jantung mengalami gangguan dan juga tidak berfungsi dengan baik. Pada gangguan tersebut bisa bermacam-macam dan juga bisa ditangani dengan cara yang berbeda pula. Ketika sakit jantung akan ditandai dengan nyeri dada dan sesak napas ketika beraktivitas atau beristirahat. Akan tetapi, ada beberapa jenis penyakit jantung yang gejalanya mau serupa dengan penyakit lain ataupun bahkan tidak bergejala. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengenal ciri-ciri sakit jantung supaya saat pemeriksaan dan langkah penanganan bisa segera dilakukan dengan langkah awal bisa chat dokter saja di SehatQ, berikut ciri-cirinya:

Ciri-ciri Sakit Jantung Berdasarkan Jenisnya

1. Ciri Pada Serangan Jantung

Ciri pada serangan jantung terjadi saat aliran darah ke otot jantung telah terhambat akibat adanya plak ataupun penyumbatan di pembuluh darah pada jantung. Maka kondisi ini akan berdampak pada terganggunya fungsi jantung saat mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Tandanya bisa berupa nyeri di bagian dada, dibagian tulang rusuk bagian bawah, dan juga dibagian lengan yang menjalar sampai ke leher, bagian rahang, bahu, hingga punggung

Kemudian gejala tersebut juga dapat berlangsung selama 30 menit atau bahkan lebih dan tidak hilang walaupun sudah minum obat pereda nyeri biasa. Pada gejala yang muncul juga bisa bersifat ringan hingga berat. Pada beberapa kasus, serangan jantung juga terkadang tidak menunjukkan gejala sama sekali. Sehingga kondisi ini bisa disebut dengan silent myocardial infaction.

2. Ciri Penyakit Jantung Koroner

Ciri penyakit jantung koroner bisa terjadi saat pembuluh darah yang berfungsi memasok darah ke jantung telah terhambat akibat penumpukan plak atau aterosklerosis. Ciri penyakit jantung koroner biasanya ditandai oleh rasa tidak nyaman, seperti nyeri, ataupun rasa tertekan pada bagian dada. Bukan hanya itu, penyakit jantung koroner juga dapat menimbulkan beberapa gejala lain, yaitu rasa lemas dan pusing, jantung berdebar atau palpitasi, timbul keringat dingin, mual dan juga napas pendek atau sesak napas

3. Ciri Aritmia

Ciri dari Aritmia terjadi saat jantung berdetak secara tidak teratur akibat adanya gangguan aliran listrik pada saraf yang mengatur irama jantung. Sehingga kondisi ini dapat menyebabkan detak jantung terlalu lambat ataupun terlalu cepat, jadi tidak dapat memompa darah dengan baik. Pada gangguan irama jantung juga biasanya disertai dengan gejala seperti jantung berdebar atau palpitasi, ada rasa nyeri di dada, pusing dan lemas, napas pendek serta enurunan kesadaran atau pingsan.

4. Ciri Fibrilasi Atrium

Ciri pada Fibrilasi atrium yang merupakan salah satu jenis gangguan irama jantung yang bisa ditandai dengan denyut jantung akan lebih cepat dari kondisi normal. Pada denyut jantung normal adalah 60 sampai 100 x/menit. Sementara pada kondisi fibrilasi atrium, denyut jantung juga bisa lebih dari 100 x / menit. Ini juga sama halnya dengan serangan jantung, fibrilasi atrium yang terkadang tidak bisa menunjukkan gejala sama sekali. Akan tetapi, ada beberapa tanda dan gejala fibrilasi atrium yang sering muncul, seperti jantung berdebar atau palpitasi, ada rasa nyeri di bagian dada, napas serasa sesak ketika beraktivitas normal, tubuh jadi lemas dan pusing secara tiba-tiba.

Dan jika tidak segera ditangani, maka kondisi di atas juga dapat menyebabkan komplikasi yakni berupa pembekuan darah, mengalami stroke, sampai dengan gagal jantung. Maka dari itu jika ada beberapa tanda di atas kamu bisa langsung periksakan ke dokter atau kamu bisa berkonsultasi secara virtual di chat dokter jantung di SehatQ.

Related posts