by

Cara Mengurangi Penggunaan Data Seluler

Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan data seluler telah meroket. Ada begitu banyak yang harus dilakukan secara online dan ketika itu tidak terhubung ke sinyal WiFi, Anda akhirnya mengisi daya agak tidak berdaya karena data Anda mungkin tidak cukup.

Aplikasi ini juga telah berubah menjadi data monster dan jika tidak hati-hati, mungkin akan menggunakan bundel Anda bahkan sebelum Anda mengkonsumsinya. Menonaktifkan dan mengaktifkan data seluler Anda hanya ketika Anda ingin menggunakan internet jelas tidak cukup. Berikut adalah 10 tips yang akan membantu Anda menghemat bundel Anda dan mengurangi biaya internet Anda.

Batasi Aktivitas Latar Belakang Aplikasi

Ini sebenarnya adalah salah satu trik terbaik yang akan membantu Anda menghemat banyak uang. Beberapa aplikasi terus menggunakan data seluler bahkan ketika telepon pintar sedang tidak digunakan. Membatasi aktivitas latar belakang berarti bahwa aplikasi tidak menggunakan bundel Anda kecuali jika Anda membuka aplikasi tertentu. Buka Pengaturan> Penggunaan Data dan pilih “Batasi data latar belakang aplikasi”.

Gunakan Kompresi data di Chrome

Google Chrome adalah salah satu browser Android paling populer. Ini memiliki fitur bawaan yang dapat secara signifikan mengurangi konsumsi data di Android. Buka Chrome, ketuk menu 3 titik di sudut kanan atas, ketuk pada Pengaturan dan gulir ke bawah ke Penghemat Data. Di sana Anda dapat mengetuk di sudut kanan atas untuk mengaktifkan Penghemat Data.

Bagaimana Cara Mengurangi Penggunaan Data Seluler Anda Secara Dramatis ?

Hentikan Pemutaran Otomatis pada Aplikasi

Video mengkonsumsi banyak data. Selalu pastikan Anda telah mengubah pengaturan dalam aplikasi ini dan mematikan pengaturan “rotasi otomatis”. Untuk informasi tips dan cara menghemat kuota bisa kunjungi https://kuotabro.com/.

Gunakan Browser Seluler Opera Mini

Google Chrome mungkin membantu Anda mengurangi konsumsi data Anda, tetapi menginstal browser seluler Opera mini akan mengurangi konsumsi paket Anda menjadi hampir nol.

Perbarui aplikasi melalui Wi-Fi saja

Banyak pengguna lupa bahwa pembaruan aplikasi itu sendiri secara teratur. Aplikasi rata-rata sekitar 20 Mbs yang berarti 5 aplikasi bisa hampir 100 Mbs. Salah satu cara paling efektif untuk mengurangi konsumsi data seluler Anda adalah dengan menonaktifkan pembaruan aplikasi otomatis di Play Store.

Buka Play Store dan ketuk pada Menu >> Pengaturan >> Perbarui aplikasi secara otomatis. Pilih “Perbarui aplikasi secara otomatis hanya melalui Wi-Fi.” Atau, Anda dapat memilih “Jangan perbarui aplikasi secara otomatis,” tetapi tidak disarankan karena Anda harus mengingat dari waktu ke waktu untuk memperbarui aplikasi secara manual.

Tetapkan Batas Data

Terkadang kami lupa melakukan semua hal ini dan kami akhirnya mendapatkan pesan peringatan yang ditakuti dari penyedia layanan seluler Anda ketika bundel Anda habis.

Pantau penggunaan data Anda dan tetapkan batas konsumsi data melalui pengaturan Android. Buka “Pengaturan -> Penggunaan Data” untuk melihat berapa banyak data seluler yang telah Anda gunakan selama periode waktu tertentu dan jumlah data yang digunakan oleh setiap aplikasi. Tetapkan batas sehingga jika Anda lupa, data dimatikan secara otomatis.

Pahami Pola Selancar Anda

Banyak orang akhirnya membayar lebih karena mereka tidak tahu pola selancar mereka. Misalnya, beli hanya 5 mbs dari Safaricom ketika Anda tidak memiliki banyak hal di internet atau ketika Anda berpikir Anda akan memiliki hari yang sibuk yang akan menjauhkan Anda dari telepon.

Comment

News Feed