by

Rasa Sakit Pada Telinga Bisa Terjadi Karena 4 Hal Ini!

Telinga manusia memiliki fungsi penting di dalam menangkap gelombang suara, sehingga Anda dibekali dengan kemampuan mendengar dan juga berbicara. Karena jika sejak lahir seseorang tidak memiliki kemampuan dalam mendengarkan, tentunya tidak akan bisa berbicara, karena tidak ada yang dapat ditiru. Itulah mengapa jika terjadi gangguan pada pendengaran, maka dianjurkan untuk segera lakukan pengobatan agar tidak berdampak semakin serius. Jika kemampuan dalam mendengarkan sudah tidak bisa lagi diatasi, maka bisa dibantu memakai alat bantu dengar.

Alat ini memiliki fungsi untuk meningkatkan kemampuan dalam mendengarkan, tak hanya dapat digunakan oleh orang lanjut usia, yang pada dasarnya kemampuan dalam mendengarkan turun, melainkan juga oleh anak-anak sampai dengan orang dewasa yang juga memiliki gangguan pendengaran. Masalah yang terjadi pada telinga sebenarnya tak hanya berhubungan dengan menurunnya kemampuan dalam mendengar saja, melainkan juga bisa mengalami sakit telinga. Rasa sakit saat mendengar bunyi atau suara. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, diantaranya adalah:

  1. Infeksi telinga, infeksi telinga umum nya terjadi pada bagian telinga tengah, saat Eustachius mengalami penyumbatan dan juga bengkak, sehingga cairan yang ada pada telinga bagian tengah juga menumpuk dan terjadi pembengkakan. Hal tersebut dapat terjadi oleh berbagai macam faktor, mulai diantaranya adalah alergi, flu, merokok dan sebagainya.
  2. Tinnitus, kondisi ini akan membuat seseorang yang mengalaminya seperti mendengarkan suara berdenging yang terjadi di dalam telinga, suara tersebut bukan berasal dari dalam tubuh, melainkan dari dalam telinga tengah mereka.
  3. Penyakit maniere, biasanya disebabkan oleh vertigo, rasa pusing berputar-putar yang juga turut menyebabkan rasa sakit pada bagian telinga.
  4. Barotrauma telinga, cedera pada telinga ini disebabkan oleh perubahan tekanan udara atau air, terjadi ketika seseorang mendaki gunung atau saat naik pesawat.

Banyak sekali gangguan yang bisa terjadi pada telinga. Jika masalahnya tidak bisa diatasi dan terpaksa membuat kemampuan mendengar turun, maka bisa mulai menggunakan alat bantu dengar dari sekarang. Harga alat bantu dengar cukup bervariatif, cek di Pusat Alat Bantu Dengar Melawai.

Comment

News Feed