by

Ini Dia Beberapa Manfaat Omega 3 Untuk Kesehatan Tubuh

Asam lemak Omega 3 merupakan jenis asam lemak yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Akan tetapi, tubuh kita sendiri tidak bisa memproduksi asam lemak omega 3 tersebut. Dengan kata lain,omega 3 ini bisa kita dapatkan pada beragam jenis makanan seperti ikan salmon, ikan mackerel, minyak ikan, atau suplemen Blackmores Omega 3 yang tersedia di toko online maupun di toko offline. Lantas, seperti apakah manfaat omega 3 bagi kesehatan tubuh kita? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai manfaat omega 3, mari kita simak saja langsung ulasan dibawah ini.

* Dapat Meningkatkan Kesehatan Mata

Menurut para pakar kesehatan, DHA adalah salah satu tipe dari omega 3 yang mempunyai komponen structural utama dari retina mata kita. Jika asupan DHA kita tidak mencukupi, maka hal tersebut dapat mengganggu penglihatan. Menariknya lagi, konsumsi cukup omega 3 dikaitkan dengan penurunan risiko degenerasi macula, yang merupakan salah satu penyebab utama kerusakan mata permanen dan kebutaan lho!

* Bagus Untuk Ibu Hamil

Omega 3 sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Mengapa demikian? Pasalnya, asam lemak omega 3 tersebut dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak janin selama kehamilan. Bukan hanya itu saja, omega 3 ini juga dapat meningkatkan intelijen yang lebih tinggi, komunikasi dan keterampilan sosial yang lebih baik, menurunkan risiko perkembangan yang melambat, menurunkan risiko ADHD, autisme, hingga celebral plasy.

* Mampu Mengurangi Gejala Sindrom Metabolik

Sindrom metabolic ini meliputi beragam kondisi seperti obesitas sentral, tekanan darah tinggi, resistensi insulin, trigliserida tinggi, dan kadar kolesterol baik yang rendah. Tentu saja hal tersebut merupakan kondisi masalah yang bisa memicu penyakit jantung dan diabetes lho! Namun, semua kondisi masalah tersebut dapat kita atasi dengan mencukupi kebutuhan asupan asam lemak omega 3.

* Dapat Melawan Peradangan

Peradangan merupakan respons alami terhadap infeksi yang terjadi didalam tubuh kita. Ya, asam lemak omega 3 ini dapat mengurangi produksi molekul dan zat yang berkaitan dengan peradangan, seperti elcosannoids inflamasi serta sitokin. Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa asupan omega 3 yang lebih tinggi sangat efektif untuk mengurangi peradangan dalam tubuh.

* Dapat Melawan Penyakit Autoimun

Seseorang yang terkena penyakit autoimun, maka system kekebalan tubuhnya akan membuat kesalahan dan mengira bahwa sel-sel sehat sebagai se lasing sehingga mulai menyerang mereka. Salah satu contohnya adalah penyakit diabetes tipe 1, dimana system kekebalan tubuh kita akan menyerang sel-sel yang memproduksi insulin di organ pancreas. Oleh karena itu, pentingnya mencukupi asupan omega 3 untuk mengatasi masalah tersebut. Adapun mengenai beberapa manfaat lainnya, seperti dapat menurunkan risiko diabetes autoimun, mengobati lupus, rheumatoid arthritis, colitis ulserativa, penyakit crohn, dan psoriasis.

* Dapat Mengurangi Asma Pada Anak-anak

Manfaat berikutnya dari omega 3 untuk kesehatan tubuh, yakni dapat mengurangi asma pada anak-anak. Penyakit asma itu sendiri akan ditandai dengan beberapa gejala seperti batuk, sesak napas, dan mengi. Jika tingkat asmanya sudah parah, tentu saja akan mengancam nyawa si penderita. Penyakit asma ini disebabkan karena adanya peradangan dan pembengkakan di saluran udara pari-paru. Dengan mencukupi aspuna omega 3, maka dapat menurunkan risiko asma pada anak-anak maupun remaja.

Nah, itulah beberapa manfaat yang luar biasa dari omega 3 untuk kesehatan tubuh kita.

News Feed