by

Beberapa Sumber Air yang Bisa Digunakan Menjadi Air Minum

Saat ini air minum sudah banyak tersedia di pasaran, yaitu berupa air minum dalam kemasan atau biasa disingkat AMDK. Selain itu, ada juga yang menggunakan air untuk dikonsumsi dengan cara dimasak terlebih dahulu di dapur rumah karena lebih mempercayai prosesnya. Pakar hidrogeologi menerangkan tubuh manusia memang harus mengkonsumsi air minum yang baik serta layak konsumsi, namun hal tersebut tidak dapat dilakukan secara instan, maka dari itu harus melewati beberapa tahapan seperti survei, penelitian atau investigasi. Jadi memilih air untuk dikonsumsi tubuh tidak dapat dilakukan sembarangan, karena pada dasarnya harus memenuhi 3 hal persyaratan dasar yaitu dari segi kuantitas, sisi kualitas, serta segi keberlanjutannya atau sustainability.

Dari segi kuantitas, dengan maksud sumber air tersebut harus memenuhi sumber kebutuhan masyarakat sekitar. Dari sisi kualitas yang berarti mutu air tersebut harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh lembaga kesehatan baik nasional maupun internasional seperti World Health Organization atau WHO, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, maupun Badan Lingkungan Hidup.

Hal tersebut didorong oleh pertumbuhan penduduk di dunia yang terus meningkat, sehingga meningkatkan juga penggunaan air dalam kehidupannya. Namun berbanding terbalik dengan pemeliharaannya. Semakin kurang pedulinya orang terhadap kebersihan sehingga membuat lingkungan khususnya tercemar, yang kemudian menimbulkan berbagai macam penyakit, bahkan tidak sedikit yang mengakibatkan pada kematian. Bahkan kurang lebih sebanyak 2 juta anak tewas[1] setiap tahunnya karena diare terutama karena lingkungan yang tidak sehat, terutama karena air kotor yang tercemar.

Penyediaan air bersih di Indonesia sendiri dijamin dalam Pasal 33 UUD 1945 ayat 3[1] yang berbunyi “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”. Lebih lanjut lagi, pemenuhan air bersih bagi masyarakat merupakan salah satu tanggung jawab pemerintah dan pemerintah daerah sebagai bagian dari pelayanan publik yang harus mereka lakukan.

Nah untuk mendapatkan air bersih, ada beberapa sumber air yang bisa dijadikan air minum, yaitu[2] :

  • Air Hujan

Tahukah Anda bahwa air hujan bisa digunakan sebagai air minum? Namun bukan langsung air hujan dapat langsung dikonsumsi, harus tetap melalui penyaringan dan penyulingan untuk bisa dikonsumsi atau digunakan untuk keperluan rumah tangga lain. Karena air hujan pada dasarnya mengandung kotoran atau sifat agresif terutama pada pipa-pipa penyalur yang dapat mempercepat proses korosi atau karatan.

  • Air Permukaan

Air permukaan adalah air yang mengalir di permukaan bumi, yang pada umumnya air permukaan ini akan mendapat pengotoran selama pengalirannya, seperti lumpur, batang kayu, daun, kotoran industri dan lainnya. Untuk bisa dijadikan air minum, air permukaan ini wajib melewati proses pembersihan yang sempurna.

  • Air Tanah

Air tanah adalah air yang berada di bawah tanah di dalam zona jenuh dimana tekanan hidrostatisnya sama atau lebih besar dari tekanan atmosfer.

  • Mata Air

Mata air adalah air tanah yang keluar dengan sendirinya ke permukaan tanah dengan hampir tidak dipengaruhi oleh musim, sedangkan kualitasnya sama dengan air dalam tanah yang melewati beberapa lapisan bawah tanah yang mengandung mineral.

Sehingga sejak tahun 1982[3], AQUA beralih dari menggunakan air tanah menjadi mata air pegunungan sebagai bahan baku karena mata air pegunungan bersifat mengalir sendiri (self-flowing spring) dan mengandung banyak komposisi mineral alamin seperti kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan sodium.

AQUA juga terpercaya lebih dari 45 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis. Selain segar, beragam kandungan baik seperti magnesium, kalsium, zinc, silika, dan zat lainnya mampu menyehatkan organ tubuh. Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri.

Jadi, sudah menyiapkan AQUA untuk menemani segala rutinitas Anda belum?

Referensi:

  • https://www.liputan6.com/health/read/2466177/2-juta-anak-indonesia-setiap-tahun-meninggal-karena-diare
  • https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2009/4TAHUN2009UUPenj.htm
  • http://research.eng.ui.ac.id/news/read/47/sumber-air-baku-untuk-air-minum
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Aqua_(air_mineral)

News Feed