by

5 Manfaat Minum Air Putih Hangat Sebelum Tidur

Dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh diperlukan asupan cairan tubuh secara teratur. Air merupakan komponen yang penting dan manfaat air putih bisa dibilang vital untuk kesehatan tubuh.

Organ tubuh manusia didominasi oleh air dengan kondisi 60% sampai 70% tergantung berat tubuh. Cairan ini memang penting untuk menjaga kelembaban, suhu tubuh, hingga menjadi media penyalur oksigen [1].

Peredaran darah dan jantung memiliki peran penting dengan air putih sebagai media pengantar oksigen ke seluruh organ. Minum air putih pun memiliki berbagai manfaat tergantung waktu konsumsi dan suhunya.

Air putih hangat rupanya memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Rupanya peran pentingnya terletak pada kelancaran fungsi tubuh dan membantu meningkatkan kualitas tidur [2].

Segudang manfaat yang dihasilkan dalam mengonsumsi air putih hangat sebelum tidur pun terbukti.

  1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Tidak hanya dengan menjaga kesehatan tubuh melalui buah dan sayuran, ternyata air putih hangat membantu melancarkan sirkulasi darah.

Dengan lancarnya sirkulasi darah tubuh rupanya akan menjaga metabolisme tubuh serta melindungi dari potensi terserang penyakit. Selain itu jantung akan lebih terjaga dan sehat sehingga gejala penyakit kardiovaskuler memiliki potensi yang minim [2].

  1. Melancarkan Pencernaan

Pencernaan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling bergantung pada air. Kelancaran usus, proses pencernaan, hingga tekstur dari hasil ekskresi bergantung kepada air.

Konsumsi air mineral yang baik menjaga kadar aman saluran pembuangan manusia. Baik itu melalui kotoran maupun cairan air kencing. Hal ini berdampak pada kesehatan, terlebih warnanya yang tergolong pekat [1].

Air akan membantu menjaga kondisi pembuangan tetap sehat sehingga minim berbagai macam penyakit saluran pencernaan.

  1. Menjaga Cairan Tubuh

Minuman isotonik atau air mineral mampu menjadi media pengganti cairan tubuh yang hilang. Namun, minum air hangat juga berfungsi untuk menjaga cairan tubuh yang hilang selama beraktivitas seharian [2].

Manfaat air putih hangat juga akan lebih maksimal karena meningkatkan kualitas tidur serta sirkulasi pernafasan seiringan dengan suhu tubuh.

  1. Meredakan Gejala Influenza

Pada keadaan tubuh yang kurang sehat atau fit, biasanya tubuh akan merespon dengan keadaan yang tidak nyaman dan sulit untuk tidur. Minum segelas air hangat mampu menjaga kualitas tubuh dengan cukup baik.

Bagian penting dari air hangat adalah membantu melegakan hidung dan tenggorokan yang tersumbat. Posis tidur yang nyaman dengan posisi kepala tegak juga mampu menjadi variasi saat badan terkena gejala influenza yang disertai batuk [3].

Gejala flu yang buruk tetap membutuhkan perawatan, namun air hangat bisa menjadi metode penolongan pertama untuk meredakan gejala influenza atau panas suhu tubuh yang tinggi.

  1. Mengeluarkan Racun

Detoksifikasi merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan sirkulasi tubuh manusia. Berbagai macam sisa pembuangan zat dan nutrisi tubuh dibuang pada berbagai macam saluran ekskresi.

Kulit dengan pori-porinya juga menjadi salah satu metode detoksifikasi tubuh. Racun yang tersimpan di dalam tubuh harus segera dikeluarkan dan rupanya air hangat bisa menjadi caranya [1].

Konsumsi air putih hangat mampu membuat tubuh menghasilkan lebih banyak kelenjar keringat. Jumlah keringat yang keluar menjadi salah satu metode detoksifikasi yang baik.

Kualitas air putih yang dihangatkan juga harus baik di samping segudang manfaat yang ditawarkan. Sumber air, kandungannya, hingga jauh dari kandungan mikroorganisme atau kimiawi menjadi faktor yang penting.

AQUA memberikan kualitas air mineral yang baik dan sudah terpercaya di Indonesia lebih dari 45 tahun. Sumber mata air dijaga lebih baik dan dirawat dengan prinsip berkelanjutan untuk memberikan manfaat jangka panjang [4].

Sebanyak 17 mata air pegunungan dari Sabang sampai Merauke diteliti terlebih dahulu selama lebih dari 1 tahun oleh para ahli geologi dan geohidrologi guna memastikan manfaatnya bagi konsumen [5].

Karena di setiap tetes AQUA terdapat banyak manfaat baik bagi tubuh. Jadi, apakah kamu sudah minum AQUA hari ini?

Referensi:

  1. https://www.halodoc.com/manfaat-minum-air-hangat-sebelum-tidur
  2. https://www.medicaldaily.com/health-benefits-warm-water-6-ways-drinking-warm-water-can-heal-your-body-282218
  3. https://www.healthline.com/health/benefits-of-drinking-hot-water
  4. https://www.sehataqua.co.id/kisah-kemurnian-air-di-balik-label-logo-terbaru-aqua/
  5. https://www.sehataqua.co.id/inilah-keunggulan-air-minum-dari-sumber-air-pegunungan/

News Feed