by

Asam Traneksamat: Kandungan, Manfaat dan Tips Konsumsinya

Asam traneksamat seringkali dikaitkan dengan orang-orang yang seringkali mempunyai masalah dengan masalah pendarahan. Baik itu ketika mengalami mimisan, sedang menstruasi bagi perempuan, atau bahkan untuk mengatasi masalah pendarahan setelah operasi. Meskipun begitu, obat ini tergolong jenis obat yang tidak bisa dikonsumsi sembarangan dan tentunya harus berdasarkan resep dokter.

Kandungan Obat dan Manfaat

Sesuai namanya, obat yang satu ini tentunya memiliki kandungan asam traneksamat. Setidaknya, obat ini tersedia untuk beberapa jenis baik itu kapsul, tablet, hingga bisa juga sebagai obat suntik. Obat ini pun tergolong pada jenis golongan obat antifibrinolitik dan bisa ditemukan dengan berbagai jenis merk dagang. Beberapa diantaranya seperti Asamnex, Haemostop, Kalnex, Lextrans, Tranxa, Traxcid dan lain sebagainya.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, obat jenis ini bisa digunakan untuk mengatasi beberapa msalah pendarahan. Salah satunya yakni untuk menghentikan atau mengurangi pendarahan tersebut. Dalam kinerjanya, obat akan bekerja dengan cara menghambat hancurya bekuan darah ketika sudah mulai terbentuk. Akibatnya, pendarahan bisa teratasi dan tidak terus berlanjut. Seperti misalnya ketika wanita sedang mengalami menorrhagia atau saat menstruasi di mana darah yang keluar sangat banyak.

Atau bisa juga ketika seseorang sedang melakukan cabut gigi, biasanya dokter akan meresepkan obat ini untuk menghindari pendarahan setelah proses pencabutan terlebih untuk pasien-pasien yang terkena hemofilia. Sering juga digunakan sebagai obat yang diresepkan saat seseorang sering mengalami mimisan, pendarahan pada mata, gusi berdarah, hingga pendarahan lainnya ketika setelah melakukan operasi. Bahkan kondisi terparah sepertu heredity angiodema yang merupakan masalah kelainan genetik pun bisa mampu diatasi dengan obat asam traneksamat ini.

Tips Penggunaan Obat

Meskipun obat yang satu ini bisa digunakan dan punya manfaat yang baik untuk mencegah serta mengurangi pendarahan, namun dalam penggunaannya harus memerhatikan banyak hal. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengonsumsi obat asam traneksamat tersebut. Apa sajakah itu?

  1. Pada dasarnya, obat jenis ini memang seringkali digunakan untuk mengurangi pendarahan. Namun, hindari penggunaan obat jika pendarahan tersebut terjadi karena beberapa gangguan seperti pendarahan subarachnoid, gangguan penglihatan, gangguan fungsi ginjal dan saluran kemih, atau pada orang yang mempunyai masalah dengan penggumpalan darah.
  2. Obat ini pun tidak baik dikonsumsi bersamaan dengan jenis obat lain seperti pil KB, tretinoin, hingga obat-obat yang berkenaan dengan faktor pembekuan darah lainnya.
  3. Setiap pasien, memiliki dosis yang berbeda tergantung pada usia dan masalah apa yang sedang dihadapi. Untuk itu, sebelum mengonsumsinya pastikan bahwa Anda sudah berkonsultasi langsung dengan dokter yang ahli di bidangnya.
  4. Tidak diperkenankan untuk menambah bahkan mengurangi dosis jika tanpa arahan dokter meskipun gejala bertambah atau berkurang
  5. Sebaiknya hindari penggunaan obat dengan cara dihancurkan, dikunyah atau dibelah karena bisa berdampak pada peningkatan efek samping. Untuk mengonsumsinya bisa dilakukan setelah atau sebelum makan.
  6. Saat mengonsumsi asam traneksamat sebaiknya dilakukan pada waktu yang sama. Jika sebelumnya Anda mengonsumsi obat ini pada jam 8 pagi, maka ketika masuk konsumsi obat sesuai dosis di kemudian harinya pun sama diminum pada jam 8 pagi juga.
  7. Ketika obat digunakan untuk mengatasi masalah pendarahan menstruasi bagi wanita, maka obat harus sudah digunakan ketika awal atau hari pertama haid dan tidak boleh mengonsumsinya jika sudah tidak menstruasi lagi.
  8. Perhatikan beberapa indikasi obat yang akan muncul. Baik dari segi efek samping, hingga hal-hal lainnya yang berkenaan dengan obat. Tentunya jika ada masalah serius setelah konsumsi obat ini, segera hubungi dokter.

Selain beberapa informasi tersebut, untuk memudahkan Anda, bisa juga mencari informasi lebih detailnya melalui aplikasi Halodoc. Di sana Anda bisa mendapatkan informasi lengkap tentang obat asam traneksamat ini beserta obat-obat lainnya. Bahkan, Halodoc pun memungkinkan Anda untuk berkonsultasi lebih dahulu mengenai konsumsi obat dengan dokter ahli via chat atau video call yang mudah.

News Feed