by

9 Makanan Sehat Khas Jepang yang Bernutrisi Tinggi

Sudah berabad-abad Negeri Sakura terkenal menjaga kebutuhan makanan sehat setiap hari. Hasilnya, sebagian besar warga Jepang pun langsing dan sangat energik. Baik saat bekerja, bersosialisasi, maupun ketika menekuni hobinya. Tentu kebiasaan bagus itu patut kita tiru. Inilah makanan khas jepang yang sehat dan bernutrisi tinggi.

9 Makanan Sehat Khas Jepang

  1. Wasabi

Kesan pertama saat makan wasabi itu sangat kental akan rasanya yang pedas. Kalau tidak terbiasa, bisa-bisa mulut terasa panas luar biasa. Khususnya untuk yang berdomisili di seputar Jawa Tengah karena suka makanan manis. Makanan ini mengandung nutrisi untuk mencegah kanker. Baik kanker kulit, kanker hati, kanker otak, dan lainnya.

  1. Jamur Shitake

Namanya saja sudah unik, bagaimana rasanya, ya? Di Jepang, jamur ini terkenal berprotein tinggi dan rasanya yang sangat enak. Bisa dimasak dengan cara dibakar, digoreng, ataupun dijadikan sup. Rupanya, jamur ini juga kerap digunakan untuk bahan obat-obatan herbal. Sebab mampu mencegah penyakit serius, misalnya karena efek dari kolesterol tinggi.

  1. Nigiri Sushi

Suka dengan ikan mentah yang langsung dimakan? Enak, lo. Nigiri sushi ini dibuat dengan cara mengiris bagian ikan mentah. Kemudian tutupi dengan nasi yang dibuat gumpalan. Tujuannya biar mudah dimakan. Nah, ending-nya, gumpalan nasi plus irisan ikan tersebut diikat dengan potongan rumput laut. Biasanya nigiri sushi difungsikan sebagai pengganti nasi.

  1. Sashimi

Sama halnya dengan nigiri sushi, makanan sehat ini juga dibuat dari bahan ikan mentah. Hanya saja, tidak ada tambahan nasi putih untuk memakannya, melainkan langsung lahap begitu saja. Biasanya, sashimi menggunakan bahan dari ikan laut. Wajar, kan? Soalnya Jepang sangat dekat dengan perairan air hangat yang jadi tempat favorit ikan-ikan laut.

  1. Mi Soba

Kalau yang ini sih sudah terlalu terkenal di Indonesia. Sampai-sampai sering diadopsi ke dalam bentuk produk makanan kekinian. Mi soba memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Salah satunya Vitamin B. Bila mengonsumsi mi soba secara rutin, maka tekanan darah tinggi yang diderita bisa berangsur-angsur turun.

  1. Sushi

Ini juga sangat populer. Bahkan pernah dijadikan agenda untuk perlombaan para koki di beberapa televisi swasta Indonesia. Sederhananya sih hanya nasi gulung. Akan tetapi, isiannya berupa potongan mentimun, belut, serta bahan-bahan dari lautan. Kemudian dibungkus dengan anyaman bambu persegi panjang dan dipotong pendek-pendek.

  1. Yakiniku

Yakiniku secara umum dibuat dengan bahan dari daging sapi, domba, ataupun jeroan. Tapi berhubung Anda ingin mengonsumsi makanan yang sehat, maka bisa ganti jenis dagingnya. Misalnya dengan daging berlemak rendah. Kemudian sajikan bersama sayuran lain agar kebutuhan akan nutrisi lain tercukupi.

  1. Sukiyaki

Makanan ini juga bernutrisi tinggi karena menggunakan bahan dari sayuran, tahu, sawi, dan lainnya. Ada pula jamur shitake. Paling enak itu makan sukiyaki pas musim dingin karena asal budayanya memang begitu. Kalau di Indonesia paling pas pada malam-malam di musim kemarau. Bisa pula saat hujan turun biar badan terasa hangat.

  1. Shabu-Shabu

Ini bukan benda terlarang, ya. Tapi makanan terkenal khas Jepang yang bernutrisi tinggi. Sebab menggunakan bahan dari daging pilihan. Bisa pula Anda ganti dengan ikan laut. Jangan lupa sajikan dengan saus biar semakin nikmat. Berhubung makanan ini bisa dibuat dari bahan ikan laut, maka sangat bagus untuk meningkatkan kecerdasan otak.

Sudah pernah makan makanan sehat di atas belum? Katakanlah satu saja. Sayang lo kalau belum makan. Soalnya di Indonesia cukup banyak warung atau kedai yang menyediakannya. Makan makanan khas Jepang itu selain dapat enaknya juga bisa sekalian belajar sejarah.

Comment

News Feed