by

4 Cara Menjaga Kesehatan Janin Hingga Melahirkan

Ketika sedang hamil biasanya wanita dan juga pasangannya akan lebih protektif pada kehamilan tersebut. Sehingga pasangan akan menjaga pola makan yang sehat, rajin untuk periksa ke dokter dan berkonsultasi mengenai kehamilan, dan juga meminta saran kepada orangtua yang telah berpengalaman. Ibu hamil juga biasanya akan menjaga bayinya agar tetap sehat dengan menuruti berbagai pantangan yang ada karena tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi pada janin. Sebenarnya ibu hamil sendiri tidak perlu terlalu cemas dan susah untuk menjaga janin agar tetap sehat sampai waktunya melahirkan. Asalkan ibu hamil menjaga pola hidup sehat dengan beberapa cara seperti berikut ini:

  • Memilih makanan yang sehat

Hal pertama yang perlu diperhatikan untuk menjaga kehamilan adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Hal ini sangat perlu diperhatikan karena apabila Anda tidak pilih makan yang akan dikonsumsi nantinya justru akan membuat bayi lahir catat, keguguran, dan juga bahaya lainnya. Oleh karena itulah sangat penting untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan baik untuk ibu hamil serta menghindari jenis makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi selama hamil. Ibu hamil bisa memilih makanan sehat seperti sayuran, buah segar, daging, ikan yang tidak mengandung purin, dan juga jenis makanan sehat lainnya. Pastikan juga makanan yang dikonsumsi mempunyai nutrisi yang cukup dan dibutuhkan untuk perkembangan janin agar tetap sehat.

  • Menghindari kegiatan berat

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan adalah dengan menghindari kegiatan berat. Terutama untuk ibu yang hamil muda sebaiknya untuk menghindari pekerjaan yang berat. Misalnya mengangkat beban berat, naik turun tangga dalam intensitas sering, dan juga olahraga yang berat. Hal tersebut dapat menyebabkan keguguran di awal kehamilan karena janin yang masih sangat lemah. Oleh karena itulah sebaiknya menghindari kegiatan yang berat di awal kehamilan.

  • Mengelola stress

Hal lainnya yang perlu diperhatikan untuk menjaga perkembangan janin tetap sehat adalah dengan berusaha menghindari stress. Terlalu banyak pikiran nantinya juga akan berakibat buruk untuk kesehatan janin. Karena apabila ibu hamil mengalami stress justru akan rentan keguguran dan tidak baik untuk perkembangan janin. Oleh karena itulah sebaiknya menghindari stress dengan berpikir positif dan membahagiakan diri dengan kehamilan yang dirasakan.

  • Istirahat cukup

Dan hal terakhir yang bisa Anda lakukan agar menjaga kandungan tetap sehat adalah dengan istirahat cukup. Ibu hamil sebaiknya memperhatikan porsi istirahatnya dengan benar untuk menjaga kesehatan janin. Dimana ibu hamil minimal istirahat 8 hingga 9 jam sehari dengan waktu tidur yang optimal. Selain itu gunakan juga siang hari untuk tidur siang agar mendapatkan istirahat yang cukup.

Comment

News Feed