Beberapa Gangguan Kesehatan yang Dapat Diatasi Dengan Layanan Fisioterapi

  • Whatsapp
Beberapa Gangguan Kesehatan yang Dapat Diatasi Dengan Layanan Fisioterapi

Fisioterapi dapat dikatakan sebagai sebuah proses untuk merehabilitasi tubuh seseorang, sehingga nantinya dapat terhindar dari resiko seperti cacat fisik, disebabkan oleh cedera maupun penyakit tertentu. Ada begitu banyak layanan fisioterapi di Jakarta yang bisa dijadikan sebagai pilihan bagi Anda yang memang memiliki gangguan kesehatan, sehingga nantinya bisa mengembalikan fungsi anggota tubuh seperti sedia kala. Bahkan sekarang ini layanan yang ditawarkan tak hanya secara langsung saja, melainkan juga ada layanan datang ke rumah sejenis homecare, sehingga lebih praktis.

Pada dasarnya fisioterapi ini sendiri memang dapat dilakukan oleh seorang fisioterapis yang sudah berpengalaman. Untuk durasi dan juga waktu melakukan fisioterapi ini sendiri juga berbeda-beda setiap pasien. Karena nantinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan mereka, ada yang bisa pulih dalam waktu beberapa kali terapi saja, namun tak jarang juga yang membutuhkan waktu sampai dengan bertahun-tahun baru bisa mendapatkan hasil optimal.

Umumnya dokter sendirilah yang nantinya akan memberikan saran kepada pasien yang memang memiliki gangguan kesehatan tertentu guna mendapatkan perawatan fisioterapi ini. sehingga memang tidak dapat dilakukan secara sembarangan, melainkan benar-benar harus dengan saran dokter. Umumnya memang ada beberapa kondisi kesehatan yang mengharuskan seseorang untuk menjalani fisioterapi, berikut ini yang harus diketahui, yaitu:

  1. Gangguan pada sistem saraf, saraf manusia memiliki peran yang sangat penting dalam mengendalikan seluruh sistem tubuh, termasuk diantaranya adalah anggota gerak dan sebagainya. Jika seandainya ia bermasalah, maka secara otomatis akan menyebabkan penderitanya juga mengalami masalah pada tubuh. Misalnya adalah serangan stroke secara tiba-tiba dan mengurangi kemampuan gerak, penyakit parkinson sampai dengan multiple sclerosis, hal ini memang akan menyebabkan gangguan fungsi tubuh, menjadikan seseorang sulit bergerak, susah bicara dan sejenisnya sehingga butuh terapi.
  2. Gangguan yang terjadi pada otot kerangka tubuh, masalah yang selanjutnya adalah ketika mengalami gangguan di kerangka tubuh, karena ada dasarnya kerangka tubuh ini juga memiliki otot-otot dan juga bisa mengalami masalah seperti cedera karena olahraga, arthritis sampai dengan baru saja menjalani operasi beberapa jenis penyakit tertentu sehingga membutuhkan pemulihan.
  3. Penyakit kardiovaskular, jangan salah karena ternyata gangguan kardiovaskular atau yang berhubungan dengan sistem pembuluh darah ini juga membutuhkan fisioterapi, misalnya adalah pada mereka yang terkena penyakit jantung. Maka membutuhkan adanya rehabilitasi setelah serangan jantung tersebut, sehingga kedepannya kondisi atau kehidupan mereka jadi jauh lebih berkualitas, harus ada dukungan secara fisik dan emosi.
  4. Gangguan pernapasan, beberapa jenis penyakit atau gangguan pernapasan seperti diantaranya adalah asma, fibrosis kistik sampai dengan penyakit paru obstruktif kronik, semuanya bisa diringankan dengan adanya fisioterapi. Nantinya seorang fisioterapis yang menangani pasien dengan kondisi kesehatan tersebut akan memberikan serangkaian metode yang dapat digunakan untuk pasien agar bisa mengatasi masalah pernapasan mereka, membuatnya bisa bernapas secara lebih baik. Juga dapat mengontrol beberapa gejala seperti diantaranya adalah batuk dan juga kesulitan ketika bernapas.

Jadi jika seandainya Anda sendiri memang memiliki gangguan-gangguan kesehatan tersebut, juga sudah disarankan oleh dokter untuk menjalani pengobatan dengan fisioterapi. Maka tak perlu menunggu lama untuk menjalankannya, sehingga bisa sembuh secara optimal. Apalagi juga bukan hal yang sulit sekarang ini untuk menemukan layanan fisioterapi di Jakarta, bahkan juga sudah ada pelayanan yang dilakukan berbasis online, tentunya akan jauh lebih praktis bukan.

Related posts