Sambal Seruit Sambal Khas Lampung

 
  • 1 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
View Mode
Views:

2648


Replies:8

Sambal Seruit Sambal Khas Lampung

[Image: sambal-tempoyak.jpg]

Sambal seruit adalah sambal khas dari daerah lampung. Biasanya sih sambal ini adalah campuran dari 3 bahan pokok yaitu ikan bakar/goreng, sambal terasi, dan tempoyak. Bagi yang belum tau tempoyak, ini ada penjelasan sedikit tentang tempoyak.

Spoiler: Tempoyak
[Image: TempoyakBahanSambaldanTeriMedan.jpg]

Tempoyak terbuat dari durian. Isi durian dipisahkan dari bijinya dan ditambah dengan sedikit garam dan disimpan selama tiga hingga lima hari di dalam suhu ruangan untuk proses fermentasi.

Jenis ikan yang digunakan untuk membuat sambal seruit biasanya adalah ikan sungai seperti belide, baung, layis, dll. Ada beberapa tahap yang harus dilakukan untuk membuat seruit. Prosesnya, ikan yang sudah disediakan terlebih dahulu dibumbui dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Bumbunya berupa bawang putih, garam, kunyit, dan jahe. Setelah itu, ikan pun dibakar selama sepuluh menit. Saat sudah setengah matang, ikan diolesi dengan kecap manis dan campuran bumbu dari bawang putih, garam, dan ketumbar. Sementara, sambal untuk campuran seruit adalah cabai merah, cabai kecil, garam, micin, rampai, dan terasi baker. Bahan sambal ini lalu ditumbuk hingga halus. Lalu Ikan yang telah masak dipisahkan dari tulang-tulangnya dan dicampur bersama dengan sambal dan tempoyak. Biasanya sambal seruit disajikan bersama dengan beberapa jenis lalapan, seperti daun kemangi, terong bakar, jengkol, dan daun jambu monyet.
(This post was last modified: 13-05-2013 01:15 AM by galeoista.)

RE: Sambal Seruit Sambal Khas Lampung

Kalau sambal tempoyak aku sering makan ... tapi ini "Sambal Seruit" dan ada adonan tempoyaknya ...
Hhhmmm udah pernah cicipin belum yak Bingung
Yang jelas udah pernah makan sambal tempoyak, Uennnnaakk e Mak Nyusss .... Makanmie

RE: Sambal Seruit Sambal Khas Lampung

(13-05-2013 01:49 AM)SunDi3yansyah Wrote: Kalau sambal tempoyak aku sering makan ... tapi ini "Sambal Seruit" dan ada adonan tempoyaknya ...
Hhhmmm udah pernah cicipin belum yak Bingung
Yang jelas udah pernah makan sambal tempoyak, Uennnnaakk e Mak Nyusss .... Makanmie

Pokoknya sambal seruit paling jos mas bro. Ada campuran ikannya. Mantab... Genit

RE: Sambal Seruit Sambal Khas Lampung

(13-05-2013 07:21 AM)galeoista Wrote:
Pokoknya sambal seruit paling jos mas bro. Ada campuran ikannya. Mantab... Genit

Oke dah besok kalau pulang ke kampoeng palembang mampir ke lampung yang nyediain Sambal Seruit Genit #jadi laper Gemes
(This post was last modified: 13-05-2013 08:12 AM by SunDi3yansyah.)

RE: Sambal Seruit Sambal Khas Lampung

(13-05-2013 08:11 AM)SunDi3yansyah Wrote: Oke dah besok kalau pulang ke kampoeng palembang mampir ke lampung yang nyediain Sambal Seruit Genit #jadi laper Gemes

Wah Palembang ya kak. Jadi kebayang nih sama pempek kapal selam.. Hehe

RE: Sambal Seruit Sambal Khas Lampung

(13-05-2013 12:38 PM)galeoista Wrote:
Wah Palembang ya kak. Jadi kebayang nih sama pempek kapal selam.. Hehe

Haisss kenapa gk kapal titanic sekalian biar maka nya kenyang, pasti gk habis tuh 1 tahun Haha
Hmmmm OTT jadi nya Palu

BTW tuh bawa lah ke jogja sambal nya mau nyoba Bisik

RE: Sambal Seruit Sambal Khas Lampung

(13-05-2013 02:33 PM)SunDi3yansyah Wrote: Haisss kenapa gk kapal titanic sekalian biar maka nya kenyang, pasti gk habis tuh 1 tahun Haha
Hmmmm OTT jadi nya Palu

BTW tuh bawa lah ke jogja sambal nya mau nyoba Bisik

haha..biar gak OOT, buat dong kak thread yang khusus bahas makanan palembang..haha

Gak perlu bawa jauh2 dari Lampung kak kalo mau sambal seruit. Bikin di jogja juga bisa. Tapi yang susah ya cari tempoyak'nya. Senyum

RE: Sambal Seruit Sambal Khas Lampung

(13-05-2013 03:50 PM)galeoista Wrote:
haha..biar gak OOT, buat dong kak thread yang khusus bahas makanan palembang..haha

Gak perlu bawa jauh2 dari Lampung kak kalo mau sambal seruit. Bikin di jogja juga bisa. Tapi yang susah ya cari tempoyak'nya. Senyum

Diforum ini udah semua jenis kuliner http://www.kampoeng.us/Forum-Kuliner jadi gpp .... Hehe
Kalau lebih spesifik terlalu banyak nanti forumnya Haha member jadi bingung Melet

RE: Sambal Seruit Sambal Khas Lampung

Gimana yah rasa Sambel Seruit itu ??
Belom pernah gw cobain tuh sambel
Enak kali yaa
kampoeng