Kemarahan Desainer Apple yang Dicuri Karya Ciptanya

 
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
View Mode
Views:

537


Replies:0

Kemarahan Desainer Apple yang Dicuri Karya Ciptanya

[Image: gA39oHZK8L.jpg]

CUPERTINO - Kepala tim desain Apple, Jony Ive, benci dengan plagiarisme yang dilakukan oleh kompetitor terhadap desain milik Apple. Ive mengatakan, kompetitor telah mencuri kerja kerasnya bersama tim.

"Saya bekerja dengan pembagian yang sama antara cinta dan penghormatan dalam proses karya cipta," kata Ive saat diwawancarai oleh Sunday Times.

Desain berbeda dari sebuah ponsel yang dibuat oleh Ive menjadi salah satu alasan mengapa iPhone tak dijual dengan harga murah. Karena ada karya cipta yang tak murah di dalamnya.

"Kita tahu banyak produk yang memiliki desain buruk. Itu terjadi karena pemikiran bahwa orang yang menggunakannya tak memikirkannya (desain), seperti yang dipikirkan oleh pembuatnya. Tapi yang kami tunjukkan adalah apa yang orang-orang pedulikan. Ini bukan sekadar estetika. Mereka peduli terhadap sesuatu yang idenya dipikirkan secara serius dan dibuat dengan baik," kata Ive seperti dikutip CNet, Senin (17/3/2014).

Ive, seperti layaknya kebanyakan seorang pencipta karya, akan marah apabila ada orang lain yang meniru idenya. Ive menganggap meniru karyanya dalam mendesain iPhone adalah sebuah pencurian.

Ketika ditanyai mengenai pendapatnya perihal kemiripan desain yang digunakan oleh Samsung terhadap Apple, Ive menjawabnya dengan ketus. "Itu sebuah pencurian," katanya singkat.

Sebagaimana diketahui, Apple dan Samsung hingga saat ini berseteru tak hanya dalam persaingan produk, tapi juga di dalam meja hijau. Apple mengklaim Samsung melakukan 'copy-paste' terhadap karyanya, yakni iPhone.

Dan Jony Ive, sebagai salah satu bagian dari proses penciptaan karya sebuah iPhone, tak tenang dengan apa yang telah dilakukan oleh para pelaku plagiat karya.

Ive memiliki pendapatnya sendiri tentang plagiarisme. Baginya, plagiarisme tak hanya sekadar mencuri karya. "Apa yang ditiru tak hanya desain. Mereka mencuri ribuan, ribuan jam perjuangan dan kerja keras kami," tutup Ive.


Main Colong Aja Maho Kreatif Sendiri Dunk Ketawa
kampoeng