Bagaimana Cara Overclock VGA dan Meningkatkan Peforma Gaming Anda

 
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
View Mode
Views:

477


Replies:0

Bagaimana Cara Overclock VGA dan Meningkatkan Peforma Gaming Anda

Memaksa hardware Anda untuk berjalan dengan peforma atau kinerja yang lebih baik daripada aslinya, atau singkatnya overclock (overclocking), merupakan salah satu cara terbaik tapi beresiko untuk meningkatkan peforma gaming Anda. Berikut tips dan trik mengenai cara melakukan overclock ke VGA (video card) Anda.

Perlu diketahui bahwa jika overclocking tidak dilakukan dengan benar atau hati-hati maka dapat memperburuk, bahkan merusak kualitas atau hardware VGA (video card) Anda. Jika Anda tidak siap mengganti VGA Anda, disarankan untuk melakukan ini. Tapi sekarang ini, melakukan overclock cukup mudah dan beresiko kecil untuk merusak VGA Anda.

SEKILAS MENGENAI OVERCLOCK.
[Image: overclock_vga.jpg]
Pada awal kemunculannya, overclock dianggap merupakan sebuah 'ilmu gelap' yang ditujukan untuk para penggemar dan memang pecinta komputer, tetapi sekarang hal in sangat mudah dan cukup aman. Walaupun overclock dapat memperpendek ketahanan hidup komponen komputer yang Anda overclock, tetapi jika Anda tidak melakukannya berlebihan dan menjaga temperaturnya maka tidak perlu ada yang Anda kuatirkan.

VGA modern sekarang ini umumnya mempunyai kipas pengatur panas yang akan berputar lebih kencang jika panas sudah mencapai titik tertentu. Mungkin akan terdengar cukup berisik dan mengerikan, tetapi jika overclock Anda stabil dan VGA Anda masih dalam keadaan tidak terlalu panas, ANda boleh melanjutkannya.

APAKAH BENAR-BENAR MENINGKATKAN PEFORMA GAMING

Beberapa orang yang telah melakukan overclock sering menanyakan apakah overclock ini benar-benar meningkatkan peforma gaming? Sebenarnya jawaban ini tergantung dar VGA (video card), komputer dan game yang Anda mainkan. Tapi intinya, memang dapat meningkatkan peforma gaming. Hal ini mungkin disebabkan karena mereka tidak memiliki tools yang sesuai untuk melihat apakah overclock mereka berhasil dan tools yang menunjukkan perbedaan antara sebelum dan sesudah overclock.
[Image: overclock_boost.jpg]
Sebagai contoh, pada saat bermain Battlefield 3 dengan menggunakan VGA GTX 560 Ti, tanpa di-overclock Anda akan melihat frame per second (FPS) sekitar 40-60. Semakin tinggi FPS, maka itu tandanya peforma gaming Anda lebih baik. Setelah di-overclock, maka frame per second tidak akan pernah di bawah 50. Ini menunjukkan overclock memang berpengaruh.

Itu hanya sebuah contoh. Overclocking atau overclock tidak akan membuat Anda dapat memainkan game yang sebelumnya tidak dapat Anda mainkan, menjadi dapat dimainkan. Tetapi itu akan membantu Anda meningkatkan kualitas gaming pada game yang tanpa di-overclock hanya dapat Anda mainkan dalam kualitas yang sangat rendah. Lalu apa hasilnya sama untuk semua VGA? tidak, itu tergantung dari jenis VGA, game yang Anda mainkan dan komputer Anda.

VIDEO TUTORIAL DAN CARA OVERCLOCK DARI LIFEHACKER.COM

Berikut video mengenai cara dan trik overclock. Jika Anda ingin membaca tahap per tahap dapat dibaca di bawah video. Trik dan cara overclock ini berasal dari lifehacker.com.


kampoeng