Sistem Pencernaan Tetap Sehat dengan 9 Langkah

 
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
View Mode
Views:

814


Replies:2

Sistem Pencernaan Tetap Sehat dengan 9 Langkah

Sistem Pencernaan Tetap Sehat dengan 9 Langkah

[Image: 145050_makan.jpg]

Jakarta,
Selama ini orang berpikir bahwa kesehatan sistem pencernaan hanya dipengaruhi oleh asupan apa yang dikonsumsi. Padahal selain pilihan menu makanan, hal lain seperti kebiasaan yang dilakukan saat makan juga memberi pengaruh terhadap kesehatan sistem pencernaan, lho.
Berikut 9 hal yang bisa Anda terapkan agar sistem pencernaan tetap sehat, seperti dilansir Prevention, Jumat (27/9/2013):

1. Makan hanya pada saat Anda lapar

Makan ketika Anda tidak merasa lapar selain bisa menaikkan berat badan, juga bisa membuat perut Anda merasa kembung dan tak nyaman. Ketika perut Anda benar-benar sedang kosong, saat itulah enzim pencernaan Anda cukup kuat untuk memecah makanan.

2. Ciptakan suasana makan yang tenang

Berikan kesempatan bagi diri Anda sendiri untuk makan dengan tenang, dengan begitu Anda akan bisa fokus untuk mengunyah sempurna. Makan sambil berjalan atau bekerja secara tak sadar akan membuat Anda mengunyah hanya sebentar sehingga sistem pencernaan akan bekerja lebih keras.

3. Rasakan aroma, rasa dan tekstur makanan Anda

Faktanya, ketika Anda menyediakan kesempatan untuk bisa lebih fokus terhadap aroma, rasa dan tekstur makanan Anda, maka Anda akan merasa lebih cepat kenyang. Sehingga rasa lapar berlebihan bisa dicegah dan porsi makanan yang Anda konsumsi seimbang.

4. Konsumsi makanan yang baru matang

Jika makanan yang Anda konsumsi tidak segar, maka Anda tidak akan bisa menikmati makanan tersebut. Efeknya setelah selesai makan Anda masih akan mencari makanan lain dan memaksa sistem pencernaan untuk terus bekerja. Sediakan waktu untuk memasak makanan beberapa saat sebelum waktunya Anda makan.

5. Minum air putih hangat

Jika Anda cukup minum air putih, maka akan lebih mudah bagi makanan untuk melewati sistem pencernaan. meskipun demikian, dibutuhkan waktu bagi tubuh sekitar 30 menit untuk mencerna air hangat dan satu jam untuk mencerna air dingin. Oleh karena itu, sebaiknya minum air hangat untuk mempermudah kerja sistem pencernaan.

6. Jangan langsung beraktivitas berat setelah makan

Setelah makan, sebaiknya jangan langsung melakukan aktivitas berat karena akan menghambat kemampuan tubuh untuk menyerap makanan, menghentikan aliran darah di perut dan menurunkan sirkulasi tubuh. Sebaliknya, berikan kesempatan bagi sistem pencernaan bekerja dengan baik. Cobalah biasakan untuk santai sejenak dan rileks setelah Anda makan.

7. Porsi makanan yang banyak hanya diberikan saat makan siang

Siang hari merupakan tahap di mana Anda sedang sangat aktif, sehingga sistem pencernaan akan bisa bekerja dengan maksimal. Ketika Anda makan dengan porsi banyak di malam hari, maka akan memaksa sistem pencernaan bekerja lebih keras saat waktu efektif mereka justru sedang menurun.

8. Minum teh jahe

Konsumsi teh jahe sangat baik untuk mengusir kembung. Selain itu, minum teh jahe setelah makan berat juga dapat membantu mencegah rasa lemas. Hanya saja konsumsinya harus dibatasi dan tidak berlebihan karena bisa berpengaruh jika Anda memiliki masalah pada sistem asam pencernaan.

9. Tidak makan sambil menonton TV atau bermain gadget

Akhir-akhir ini memang sulit bagi masyarakat perkotaan untuk tidak makan sambil menonton TV atau memainkan gadget. Padahal kebiasaan ini akan mempengaruhi fokus Anda untuk mengunyah dan menelan dengan baik. Selain itu, makan sambil melakukan hal lain tanpa disadari akan membuat Anda mengambil makanan dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya.

Spoiler: Sumber

RE: Sistem Pencernaan Tetap Sehat dengan 9 Langkah

Dan jangan lupa minum susu kambing ya...
Manfaatnya banyak lho...
Klau ingin tau boleh mampir disini > http://www.susubegifa.com/manfaat-susu-k...wa-begifa/Senyum

RE: Sistem Pencernaan Tetap Sehat dengan 9 Langkah

wahh aku biasanya makan sambil nonton tv







jual sofa murah di jakarta - Harga USG
kampoeng